REHABILITASI KLIEN PECANDU NARKOBA DALAM RANGKA HUT PEMASYARAKATAN KE 53

bapaskediri

Penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan trend yang semakin meningkat di Indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba.

Rehabilitasi untuk pengguna narkoba bertujuan untuk memulihkan keadaan fisik dan mental seorang pecandu narkoba. Dengan dilakukannya rehabilitasi, merupakan langkah yang harus dijalani sebagai pemulihan untuk mendapat hidup normal, kembali seperti semula.

Bertempat di aula BAPAS Kediri, Rabu 26 April 2017, pukul 09.00 WIB. Balai Pemasyarakatan Kediri bersama dengan klinik Syifa Medika mengadakan pertemuan dengan 29 orang klien dewasa sebagai bentuk dari perhatian Bapas Kediri dalam melakukan pembimbingan, pengawasan dan pendampingan terhadap para pengguna narkoba yang masih dalam bimbingan Bapas Kediri.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bapas Kediri (Ahmad Fauzi) dan dari Klinik Syifa (Dr. Slamet ). Ahmad Fauzi selaku tuan rumah membuka acara tersebut. Dalam sambutannya Fauzi menyatakan rasa terimakasihnya kepada Klinik Syifa Medika yang selama ini aktif dalam menjalin kerjasama dengan Bapas Kediri untuk mengentaskan klien-klien  Bapas Kediri dari jeratan dan ketergantungannya terhadap narkoba. Selain itu, rasa terima kasih juga disampaikan kepada klinik Syifa yang telah bersedia menerima klien-klien Bapas Kediri untuk melakukan rehabilitasi secara medis. Kerjasama dengan klienik Syifa dengan Bapas Kediri telah tertuang dalam MOU yang ditandatangani pada tanggal 31 Maret 2017.

Perwakilan dari klinik Syifa (Fajar Siwi) mengatakan bahwa “kerja sama dengan Bapas adalah sebuah kerja sama yang pertama kali dilakukan oleh klinik Syifa, beliau berharap semoga kerja sama ini akan membawa manfaat bagi klien Bapas Kediri sebagai bagian dari anak bangsa Indonesia agar bisa kembali ke jalan yang benar dan menjadi warga masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna.”

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang pegawai Bapas Kediri (Suharto Wibowo). Untuk selanjutnya klien Bapas Kediri diarahkan untuk berkumpul di gazebo guna mengikuti Teraphy Comunity. Terapi ini dilakukan untuk saling berbagi pengalaman antar sesama klien dan dipandu oleh petugas dari klinik Syifa Medika (Fajar Siwi).

Kegiatan selanjutnya adalah pendataan klien yang bertujuan untuk menggali data dan rekam medis klien yang dilakukan oleh petugas dari Klinik Syifa Medika. Setelah dilakukan pendataan, selanjutnya terhadap klien dilakukan tensi darah untuk mengukur tekanan darah klien. Tahap yang terakhir yaitu klien diarahkan untuk melakukan konsultasi yang dipandu oleh petugas dari klinik Syifa Medika ( Dr. Slamet ).

Kontributor     : Idha.


Cetak   E-mail