DISEMINASI HAK ASASI MANUSIA DI KABUPATEN BANYUWANGI

IMG-20170216-WA0019

IMG-20170216-WA0024

Untuk memberikan pemahaman terkait dengan Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia maka dilaksanakan Diseminasi HAM dengan tema Kabupaten Kota Peduli HAM sebagai skala prioritas perlindungan, pemajuan penegakan dan pemenuhan HAM pada masyarakat pada Kamis (16/02) di Kabupaten Banyuwangi.

Diseminasi tersebut dihadiri oleh Kabid HAM, Bambang Saktihono, Kasubid Pemajuan HAM, Suprihatiningsih dan Kasubid PPIH, Alfiani Arumndari beserta tim dari Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jatim. Sementara dari Pemkab Banyuwangi, rombongan diterima oleh Kabag Hukum Setda Kabupaten Banyuwangi, Hagni Ngesti.

Peduli HAM adalah upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM; mengembangkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM. “Terkait dengan Kabupaten Kota Peduli HAM, Permenkumham yang baru ini lebih detil tentang penilaian kab/kota peduli HAM,” ujar Bambang dalam paparannya.

Untuk diketahui dalam diseminasi tersebut peserta yang hadir sebanyak 30 orang dan berasal dari SKPD se-Kabupaten Banyuwangi.

Save