KUNJUNGAN BALEG DPR RI KE KANWIL JATIM TERKAIT DENGAN RUU ADVOKAT

 

BALEG-DPR RI 3

VIDEO STREAMING (klik disini)

SURABAYA – Terkait dengan penyempurnaan Rancangan Undang-Undang tentang advokat, Badan Legislatif (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur pada Rabu (13/2) untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak. Dalam acara tersebut hadir Kakanwil Jatim Y. Ambeg Paramarta, para kepala divisi, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya serta organisasi advokat seperti Peradin, Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jatim, Peradi Surabaya dll.

Enam orang anggota Baleg DPR RI yang hadir tersebut dipimpin oleh Wakil ketua Baleg Anna Mu’awanah. “Kami ingin mendapat masukan terkait penyempurnaan RUU tentang advokat ini,” katanya mengawali rapat. Dia juga menjelaskan bahwa pembentukan RUU ini disebabkan karena UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat sudah tidak sesuai lagi sehingga perlu dilakukan perubahan secara komperhensif dengan membentuk undang-undang yang baru.

Satu demi satu para peserta yang hadir memberikan masukan, diantarnya adalah di dalam RUU tersebut juga harus memasukan standar rekrutmen untuk advokat karena sampai dengan saat ini belum jelas aturannya. “Juga harus dijelaskan sejauh mana kemandirian advokat, batasan usia, pendidikan serta ikrar dari Advokat,” katanya.    

Subiyakto, anggota Baleg DPR RI menambahkan bahwa esensi dari pembentukan RUU ini adalah bagaimana advokat di Indonesia dapat bersatu dan memiliki nilai lebih diantara para penegak hukum lainnya di Indonesia. (humas/wis-and)

BALEG-DPR RI 2

BALEG-DPR RI 4

 

BALEG-DPR RI 1