Kalapas Se-Jawa Timur Dilatih Kehumasan

pelatihankehumasan pemasyarakatan

pelatihankehumasan pemasyarakatan 1

Untuk menunjang kemampuan berkomunikasi dengan media, maka 52 Kepala UPT Pemasyarakatan se-Jawa Timur, mendapat pelatihan kehumasan selama satu hari pada Rabu (20/03) dan bertempat di Aula lt.2 kantor wilayah, hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Budi sulaksana.

Pelatihan kehumasan ini, lanjutnya, terselenggara atas kerjasama Kanwil Kemenkumham Jatim dengan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN). “Ada 52 Kepala UPT Pemasyarakatan yang mengikuti kegiatan ini,” katanya. Untuk materi yang didapat nanti yaitu Teknik berkomunikasi dengan media, Membuat siaran pers dan Strategi media untuk publikasi ke masyarakat.

Budi berharap dengan adanya pelatihan ini maka Kalapas, Karutan, Kabapas dan Karupbasan akan semakin care dengan media dan wartawan. Selain itu dengan semakin baiknya komunikasi dengan media maka masyarakat juga akan mengetahui lebih banyak tugas-tugas di UPT Pemasyarakatan.

Pelatihan ini juga sebagai salah satu strategi agar Kepala UPT Pemasyarakatan terampil berhubungan dengan media. “Karena peran media sangat signifikan untuk meraih social participation, social support dan social control,” terangnnya. Dan yang perlu dipahami bahwa informasi yang berasal dari dalam Lapas/Rutan dapat diakses, kecuali dua hal yaitu terkait dengan Keamanan dan ketertiban dan Proses penegakan hukum. “Selebihnya bisa dikomunikasikan ke media,” katanya. (humas)

Save


Cetak   E-mail