PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2017 PADA KANWIL KEMENKUMHAM JATIM

Harkitnas

Seluruh pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 pada Senin (22/05) pagi. Hadir sebagai inspektur upacara Kepala Divisi Imigrasi, Lucky Agung Binarto.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh inspektur upacara menjelaskan bahwa semangat kebangkitan nasional telah tercetus sejak 109 tahun yang lalu dimana ditandai dengan lahirnya Boedi Oetomo. “Semangat kebangkitan tidak pernah memudar, justru semakin menunjukkan urgensinya,” jelasnya.   

Presiden Joko Widodo pada awal tahun telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Pada awal tahun 2017, koefisien Nisbah gini atau Gini Ratio masih sekitar 40 persen. “Untuk itu bapak Presiden meminta seluruh aparatur penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut melalui langkah multidimensi.

Pemerintah berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Di sektor kelistrikan, pembangunan infrastruktur, bidang agraria. Inovasi digital juga membantu pemangkasan waktu perizinan, perizinan di sektor listrik, perizinan pertanian, perizinan perindustrian, perizinan kawasan pariwisata. Demikian juga perizinan pertanahan, perizinan kehuatanan, perizinan bidang telekomunikasi. “pemangkasan waktu tersebut berkat teknologi digita,” urainya.  


Cetak   E-mail