PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA PADA KANWIL KEMENKUMHAM JATIM

pancasila

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni maka Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur melaksanakan upacara peringatan hari lahir pancasila pada Kamis (01/06) pagi dan bertempat di halaman kantor wilayah.

Hadir selaku Inspektur Upacara, Plt. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Ajar Anggono. Dalam sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan Plt. Kakanwil, dijelaskan bahwa pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno. “Rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945,” katanya.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari sabang sampai merauke adalah keberagaman. “Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Sikap tidak toleran yang mengusung idelogi selain pancasila,” urainya.

Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, maka negara Indonesia akan terhindar dari masalah tersebut. “Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” jelasnya. 

Untuk diketahui upacara tersebut diikuti seluruh pegawai kantor wilayah dan pegawai UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-wilayah Surabaya  serta Balai Harta Peninggalan Surabaya.


Cetak   E-mail