PEMBUKAAN PELATIHAN UNIT LAYANAN PENGADAAN DI LINGKUNGAN KANWIL KUMHAM JATIM

7pembukaan diklat 2

Untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam hal layanan pengadaan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, maka dilaksanakan pelatihan Unit Layanan Pengadaan (ULP) pada Senin-Rabu, 21-23 Agustus 2017 dan bertempat di Bess Resort&Waterpark, Hotel and Convention, Malang.

7pembukaan diklat 3

Hadir membuka acara yaitu Kepala Divisi Administrasi, Ajar Anggono, yang didampingi oleh para Kepala UPT di wilayah Malang serta para Pejabat Administrasi di lingkungan Kanwil Kumham Jatim.

Dalam sambutannya Ajar mengatakan bahwa pelatihan ini menjadi salah satu media untuk meningkatkan kemampuan para peserta. "Selain itu sebagai media untuk penyegaran dan meng update regulasi,"katanya. Perkembangan tentang pengadaan saat ini tentu harus diikuti terus menerus oleh anggota ULP, terutama perkembangan regulasi yang menjadi dasar kegiatan pengadaan.

7pembukaan diklat 4

Ajar juga menambahkan, dalam kegiatan pengadaan ada kalanya kepentingan-kepentingan dari luar menjadi pengganjal selama proses pengadaan berlangsung. Karena itu Ajar berpesan kepada seluruh peserta untuk tegas dalam bersikap. "Anda harus memiliki sikap independensi," tegasnya.

7pembukaan diklat 7

Pentingnya keadministrasian dalam pengadaan juga menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu kegiatan. Karena itu usai kegiatan pengadaan berlangsung, lanjut Ajar, seluruh kelompok kerja diharap untuk melaporkan kegiatan tersebut ke Unit Layananan Pengadaan. "Beberapa kali saya tanyakan laporan tersebut kepada ULP, ternyata masih banyak Pokja yang belum mengirimkan laporan kegiatannya," urainya.

7pembukaan diklat 1

Terkait dengan pengiriman laporan tersebut memang tidak ada aturan yang mendasarinya namun secara struktural ada kewajiban ke ULP untuk pelaporan tersebut, karena sangat berguna dalam hal tertib administrasi. "Apalagi bila nanti ada audit atau pemeriksaan, maka data sudah tersedia,"terang Ajar.

8pembukaan diklat

pelatihanulp malang

Diakhir kegiatan Kepala Divisi Administrasi berpesan agar seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh hingga acara berakhir. "Selamat menjalankan pelatihan ini dan semoga bermanfaat untuk diri kita dan organisasi," ujarnya menutup sambutan. (humas)


Cetak   E-mail