SILATURAHMI APARATUR CRIMINAL JUSTICE SYSTEM (CJS) PROVINSI JAWA TIMUR

 

 111111

 “Membangun Sinergitas Criminal Justice System Guna Mewujudkan Penegakan Hukum yang Profesional dan Berkeadilan” menjadi tema dalam forum Silaturahmi Aparatur Criminal Justice System Provinsi Jawa Timur yang diinisiasi oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur pada Kamis 14 September 2017 bertempat di Hotel Wyndham Surabaya. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Susy Susilawati, Kepala Pengadilan Tinggi, Abdul Kadir, Aspidsus, I Made Suarnawan beserta seluruh jajaran dari keempat institusi tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat kesempatan pertama dalam penyampaian arahan dalam forum tersebut. Diawali dengan penyampaian informasi terkait tugas dan fungsi Divisi Pemasyarakatan dan kondisi over capacity yang masih menjadi permasalahan dan membawa dampak yang cukup kompleks. Selain itu, tugas dan fungsi Divisi Keimigrasian dengan persoalan perlintasan orang asing yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun, khususnya di Jawa Timur, juga menjadi hal serius yang harus segera diselesaikan dengan meningkatkan koordinasi dan konsultasi dengan institusi terkait. Susy juga mengapresiasi forum ini dan berharap dimasa yang akan datang dapat memberikan dampak nyata dalam pelaksanaan sistem peradilan pidana yang berkeadilan bagi masyarakat sebagai subyek hukum. Hal serupa juga diharapkan oleh Kepala Pengadilan Tinggi, Aspidsus dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur yang disampaikan melalui arahannya pada sesi-sesi selanjutnya.

Sebelum acara ditutup, didahului dengan penyerahan plakat kepada keempat pimpinan institusi tersebut, dan yang mewakili, oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, dan diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah. (humas kanwil jatim)


Cetak   E-mail