Presiden Resmikan "BerAKHLAK" Menjadi Core Value ASN

WhatsApp_Image_2021-07-31_at_14.41.39.jpegJakarta - Selasa lalu (27/07) Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo resmi meluncurkan nilai-nilai dasar (Core Value) ASN "BerAKHLAK" dan Employer Branding.

Core Values ASN ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa setiap ASN dari berbagai latar belakang profesi serta dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.

“ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Launching Core Values dan Employer Branding ASN, secara virtual.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara berpesan agar setiap ASN juga mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Menurutnya, bukan zamannya lagi ASN bergaya seperti pejabat zaman kolonial, yang justru minta dilayani.

Core values BerAKHLAK dilatarbelakangi oleh adanya penerjemahan yang berbeda-beda terhadap nilai-nilai dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN yang tertuang dalam UU No. 5/2014 tentang ASN. Karenanya, perlu ditetapkan satu Core values ASN agar lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Adanya satu core values yang berlaku secara umum turut memperkuat peran ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

 

"Bangga Melayani Bangsa"

 

(Humas Lapas Jombang)

Cetak