BAPAS KEDIRI BEKALI KETERAMPILAN BAGI NARAPIDANA YANG SEDANG JALANI ASIMILASI DI RUMAH

WhatsApp_Image_2021-04-06_at_05.48.55.jpegSebagai salah satu dampak dari pandemi Covid -19 ini adalah minimnya jumlah lapangan kerja bagi masyarakat. Hal tersebut sangatlah terasa dengan banyaknya jumlah PHK sehingga berdampak pada banyaknya pengangguran. Tak terkecuali kesempitan ekonomipun dirasakan oleh Narapidana yang dibebaskan untuk menjalani masa asimilasi di rumah. Bagaimana tidak, sebagian besar narapidana di Indonesia ini berasal dari masyarakat dengan golongan ekonomi menengah ke bawah dengan minimnya keterampilan yang dimiliki. Bertolak dari permasalahan tersebut, ka. Bapas Kediri, Yuyun Nurliana menghimbau kepada para pembimbing kemasyarakatan (JFPK) untuk mengoptimalkan pembimbingan dan pengawasan bagi para napi yang sedang menjalani asimilasi di rumah dengan membekalinya keterampilan. Untuk kali ini, keterampilan yang dipilih adalah menjahit. Dengan menggandeng salah satu Pokmas Lipas ( LPK Sarita II) Bapas Kediri ajari para klien nya untuk menjadi penjahit.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Rabu (05/04/2021 s/d 08/04/2021) ini diikuti oleh 20 klien dewasa yang sedang menjalani masa asimilasi di rumah. Sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan rapid tes antibody untuk menghindari penyebaran virus corona. Dari hasil rapid tes yang telah dilakukan, ternyata ada beberapa klien yang terindikasi reaktif, sehingga mereka terpaksa dipulangkan karena tidak memenuhi syarat untuk mengikuti kegiatan.

Pada pembukaan kegiatan Senin, 05/04/2021 pukul 09.00 WIB di aula Bapas Kediri, Ka. Bapas Kediri Yuyun Nurliana, membuka kegiatan sekaligus menyampaikan pesan kepada peserta bahwa: “Keterampilan menjahit tingkat dasar ini adalah sebuah keterampilan yang sangat berguna, sehingga diharapkan para klien mampu untuk mengembangkan keterampilan yang telah diajarkan dan benar-benar dapat memanfaatkannya untuk bekal kehidupan yang penuh dengan persaingan ini.”

Kegiatan menjahit ini dilaksanakan di LPK Sarita II selama 4 hari. Meskipun sebagian besar peserta baru menggeluti dunia jahit menjahit, namun berkat tekat kuat dan bimbingan dari instruktur yang sudah berpengelaman, sehingga dalam waktu yang singkat para peserta mampu untuk menjahit masker, tas sederhana, taplak dan sarung bantal.

Penutupan kegiatan dilaksakan hari Kamis, 08/04/2021 di aula Bapas Kediri. Yuyun menutup kegiatan dan mengucapkan selamat kepada 20 peserta yang telah mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kehidupan peserta sehingga mampu menjadi manusia yang tangguh, berguna dan berkualitas. Sehingga terhindar dari pelanggaran hukum kembali. Di akhir kegiatan, Yuyun menyerahkan sertifikat kepada masing-masing peserta dan hasil karya peserta yang mendapat hasil terbaik.

Dokumentasi Kegiatan Bimbingan Kemandirian Bapas Kediri

WhatsApp_Image_2021-04-07_at_12.46.45.jpegWhatsApp_Image_2021-04-07_at_12.46.45_1.jpegWhatsApp_Image_2021-04-06_at_05.48.55_1.jpegWhatsApp_Image_2021-04-07_at_15.10.42.jpeg


Cetak   E-mail