HARI DHARMA KARYADHIKA, MOMEN UNTUK INTROSPEKSI DIRI BAIK SECARA PRIBADI MAUPUN ORGANISASI

hdkd

SURABAYA – Dalam peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ini, Menteri Hukum dan HAM mengajak seluruh jajarannya untuk mengintrospeksi diri baik secara pribadi maupun dari sisi organisasi. Hal itu dikemukakan oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim, Budi Sulaksana, saat membacakan sambutan tertulis Menkumham dalam upacara peringatan HDKD yang dilaksanakan pada Minggu (30/10) di halaman kantor wilayah.

Dengan introspeksi diri, lanjutnya, maka seseorang akan merenung, berfikir dan selanjutnya membuat suatu perubahan kearah yang lebih baik. “Change your mindset, if you succeed to change your mind you will succeed to change your behavior or your habbit,” pesannya. Revolusi mental yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu menghilangkan paradigm buruk yang melekat pada diri kita masing-masing. Tidak perlu menunggu, karena semua itu dapat dimulai dari diri kita sendiri dan secara bersama-sama.

Agenda priortas pemerintah yang tertuang dalam Nawa Cita ke-4 yaitu menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem, dan penegakan hukum secara bersih dan bebas korupsi juga merupakan tanggung jawa kita bersama sebagai aparatur pemerintah, caranya adalah dengan menjalan tugas dan kewajiban kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat secara konsisten dan konsekuen memperbaiki diri dari sisi profesionalisme dan peningkatan kompetensi, kapabilitas serta integritas.

Dalam kesempatan itu Menkumham juga mengapresiasi berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih oleh Kemenkumham baik itu di bidang pembentukan hukum, di bidang pelayanan hukum, di bidang penegakan hukum dan pemajuan HAM serta di bidang pelayanan hukum lainnya. (humas)


Cetak   E-mail