MENTERI HUKUM DAN HAM RI APRESIASI SPEEDBOAT “LOPA-1” BUATAN NARAPIDANA

 

 


speedboat 2

 


MENTERI HUKUM DAN HAM RI APRESIASI SPEEDBOAT “LOPA-1” BUATAN NARAPIDANA

SURABAYA - Menteri Hukum dan HAM RI, Amir Syamsudin sangat mengapresiasi kapal patroli karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LAPAS Kelas I Surabaya pada Jumat (27/4) siang di Telaga Tlocor, Porong, Sidoarjo. Beliau mengatakan bahwa Speedboat bernama “LOPA-1” ini merupakan awal yang baik bagi pembinaan kepada Narapidana khususnya di Jawa Timur. “Ukuran Speedboat ini memang tidak besar, tapi bagi kita ini adalah karya besar yang patut diapresiasi dan dibanggakan,” kata beliau.

Nama "LOPA 1" sendiri diberikan Menteri sebagai penghargaan terhadap mantan Menteri Kehakiman, Baharudin Lopa, karena dianggap sebagai sosok pendekar hukum yang berani, cerdas, dan tanpa pandang bulu dalam menegakkan hukum.

speedboat 3 Untuk diketahui Menkumham beserta istri menaiki kapal patroli tersebut didampingi Sekretaris Jenderal Bambang Rantam Sariwanto, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sihabudin, mantan Sekretaris Jenderal Hasanudin Masaile, mantan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Marjaman, serta beberapa staf. Kapal patroli "LOPA 1" merupakan hasil kerja keras 15 warga binaan LAPAS Kelas I Surabaya dengan bimbingan tenaga ahli dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Perkapalan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

 

Kapal tersebut terbuat dari bahan fiberglass berukuran (9,25m x 2,2m) dan berbobot 2 ton. Kapal yang menghabiskan dana sebesar Rp 430 juta ini berkapasitas 9 penumpang. Dengan dilengkapi 2 buah motor berkekuatan 200 PK, "LOPA 1" mampu mencapai kecepatan 40 knot atau setara dengan 80km/ jam.

Sementara Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sihabudin menyatakan "LOPA 1" akan digunakan sebagai kapal patroli laut di sekitar Pulau Nusakambangan. "Selanjutnya kapal patroli ini akan dikembangkan untuk memantau Lapas-Lapas yang berada di daerah kepulauan Indonesia," tambah Sihabudin. (CS-HUMAS)

speedboat

 

 

 


Cetak   E-mail