Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

hutpas1

VIDEO STREAMING (Klik disini)

SIDOARJO – Kemeriahan tampak menghiasi perayaan Hari Ulang Tahun Pemasyarakatan Ke-49 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur di LAPAS Kelas I Surabaya pada Sabtu pagi (27/4). Selain pemusnahan barang bukti berupa ratusan alat komunikasi/ handphone, juga dipertunjukkan aksi Paramotor serta Marching Band Lapas Anak Blitar.

HUT Pemasyarakatan yang jatuh setiap tanggal 24 April tersebut secara langsung dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Indro Purwoko. Hadir pula walikota Surabaya Tri Rismaharini serta para tamu undangan yaitu perwakilan dari Pengadilan, Kejaksaan, TNI, POLRI Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) dll.

HUTPAS4

Dalam sambutannya kakanwil menjelaskan bahwa sejalan dengan harapan Pemerintah, Pemasyarakatan telah melakukan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar melalui Reformasi Birokrasi Pemasyarakatan. Salah satu tujuan umum Reformasi Birokrasi Pemasyarakatan adalah untuk membentuk profil dan perilaku petugas pemasyarakatan yang Berintegritas tinggi, Produktif dan bertanggung jawab sehingga dapat menciptakan program dan kegiatan yang inovatif, efektif dan efisien dalam mengelola sumber daya yang ada. “Dan yang paling utama adalah memiliki kemampuan memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan fungsi dan wewenangnya dalam kerangka pengabdian baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat,” urai Kakanwil

 

HUTPAS2

 AKSI MARCHING BAND LAPAS ANAK BLITAR DALAM HUT PEMASYARAKATAN KE 49 DI LAPAS KELAS I SURABAYA

 

Oleh karena itu, lanjutnya, "Membangun Pemasyarakatan Bersih dan Melayani" merupakan tema yang sangat relevan dengan semangat Reformasi Birokrasi Pemasyarakatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Usai upacara berlangsung, para peserta yang hadir mendapat suguhan atraksi dari Marching Band LAPAS Anak Blitar yang membawakan beberapa buah lagu dan gerakan atraktif yang sangat menarik. Atraksi kemudian berlanjut dengan munculnya seorang Petugas Pemasyarakatan di udara dengan menggunakan paramotor membawa sebuah spanduk yang bertuliskan “Pemasyarakatan Getting To Zero Halinar”.

HUTPAS3

 SALAH SEORANG PETUGAS PEMASYARAKATAN SAAT BERAKSI DI UDARA DENGAN MENGGUNAKAN PARAMOTOR (GAMBAR ATAS). FOTO BERSAMA KAKANWIL KEMENKUMHAM JATIM DAN WALIKOTA SURABAYA SERTA PETUGAS PEMASYARAKATAN YANG BARU SAJA MENDARAT SETELAH AKSI PARAMOTOR BERLANGSUNG. (FOTO BAWAH)

 

Usai menyaksikan atraksi paramotor, acara kemudian berlanjut dengan penanaman pohon oleh Kakanwil Jatim dan Walikota Surabaya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. (humas/wis-and)