PERESMIAN LAPAS NARKOTIKA PAMEKASAN OLEH MENKUMHAM

Pada Selasa (09/06), Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly meresmikan Lapas Kelas IIA Narkotika Pamekasan. Penandatangan prasasti sebagai simbol diresmikannya Lapas Narkotika tersebut dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Selain peresmian, dilakukan pula penandatangan nota kesepahaman antara Kanwil Kemenkumham Jatim dengan BNNP Jawa Timur terkait dengan pemanfaatan lapas narkotika sebagai tempat rehabilitasi.

Menkumham dalam sambutannya menjelaskan bahwa penyalahgunaan narkotika di Indonesia saat ini menjadi masalah yang sangat serius karena pada akhirnya dapat melemahkan ketahanan nasional. Perubahan besar terjadi pada orientasi penanganan pecandu dan atau korban penyalahgunaan narkotika paska ditandatanganinya Peraturan Bersama Ketua Mahkamah Agung, Menkumham, Jaksa Agung, Kapolri, Kepala BNN, Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial, dimana selama ini pecandu dan atau korban yang bermasalah dengan hukum bermuara pada hukuman pidana penjara. “Kedepan akan bermuara di Lembaga rehabilitasi karena hukuman bagi tersangka, tedakwa dan atau terpidana disepakati berupa pidana rehabilitasi.

Pembinaan melalui rehabilitasi dalam Lapas Narkotika menempatkan Pecandu sebagai subjek pembinaan dan tidak lagi sebagai objek pembinaan seperti yang dilakukan dalam sistem pemenjaraan. “Tujuannya agar pecandu menyadari kesalahannya, tidak mengulangi tindak pidana lagi dan dapat kembali menjadi warga masyarakat yang bertanggungjawab,” terangnya.

Menkumham berharap Lapas Narkotika Pamekasan nantinya bukan hanya sebagai tempat menampung narapidana narkotika tetapi juga disiapkan untuk memiliki tenaga terapis yang profesional. “Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya MoU antara Kanwil Jawa Timur dengan BNNP Jawa Timur, semoga ditindaklanjuti dengan rencana aksi yang dapat diterapkan dalam bentuk satu operasionalisasi tindakan yang dapat dirasakan hasilnya,” urai Menkumham.

Dalam peresmian tersebut Kabiro Umum, Indro Purwoko, Kakanwil Kemenkumham Jatim, I Wayan K Dusak, para kepala divisi, para pejabat struktural kantor wilayah, para Ka UPT di lingkungan Kanwil Jatim. (humas)             

MoU

Penandatangan MoU antara Kakanwil Kemenkumham Jatim dengan Kepala BNNP Jawa Timur disaksikan oleh Menteri Hukum dan HAM

 

peresmian lpn pamekasan

Penandatangan Prasasti Lapas Kelas IIA Narkotika Pamekasan oleh Menteri Hukum dan HAM RI


Cetak   E-mail