PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2013

1

SURABAYA - Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila bagi bangsa Indonesia, bukan hanya sebagai dasar negara, namun juga ideologi, pandangan hidup, dan pemersatu, yang dirumuskan dari nilai-nilai luhur budaya bangsa. Nama Pancasila  ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta : “Panca” berarti Lima dan “Sila” berarti prinsip atau asas. Lima perinsip/asas/sendi utama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Pada tanggal 01 Oktober 2013 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, menyelenggarakan Peringatan hari Kesaktian Pancasila, dimana tema hari Kesaktian Pancasila tahun 2013 ini mengangkat thema “Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa,” Makna yang ingin dikedepankan adalah, bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jatidiri Bangsa dan sebagai fondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, bersama tiga pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sebagai inspektur Upacara pada hari Peringatan Kesaktian Pancasila tahun 2013 ini adalah Kepala Divisi Administrasi bapak Amirudin, SH. Upacara ini diikuti segenap pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, yang dikomandani oleh Kepala Sub bagian Perawatan dan Bina Khusus Narkotika bapak Ari Yuniarto, SH, MH. Upaca peringatan hari Kesaktian Pancasila ini memiliki beberapa makna, antara lain : Sebagai dasar negara, Pancasila tidak hanya merupakan sumber derivasi peraturan perundang-undangan. Melainkan juga Pancasila dapat dikatakan sebagai sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan legitimasi kekuasaan, hukum, serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara. Pancasila mengandung berbagai makna dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Makna Moralitas; Makna Kemanusiaan;  Makna Keadilan; Makna Persatuan; Makna Demokrasi. HUMAS(And/Wis)


Cetak   E-mail