RAKOR SPIP KANWIL KEMENKUMHAM JATIM

spip ok

SURABAYA – Untuk meningkatkan pengetahuan kepada para Satgas SPIP di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur maka dilaksanakan Rapat Koordinasi SPIP pada Selasa (29/09) di aula kantor wilayah.

Rakor tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Amirudin. Sedangkan narasumber yang hadir adalah dari BPKP Provinsi Jawa Timur, Eddy Sapantri. Dalam sambutannya, Amirudin menjelaskan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP adalah salah satu wujud keseriusan pemerintah dalam membentuk sebuah sistem pemerintahan yang baik. “Tujuan akhirnya adalah mencapai efektivitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” katanya.

Sementara itu Eddy Sapantri menjelaskan bahwa tujuan SPIP ada empat yaitu Pelaksanaan organisasi yang efektif dan efisien, Kehandalan Laporan Keuangan, Pengamanan aset negara dan ketaatan Peraturan Undang-undang. Sedangkan sasaran dari SPIP tersebut adalah menurunnya tingkat penyimpangan dan kerugian negara serta meningkatnya akuntabilitas kinerja.

Dalam rakor juga dibahas pemetaan permasalahan pada masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta pembuatan teknis laporan SPIP yang sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI no 33 tahun 2013. (humas)

Cetak