Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

TIMPORA

VIDEO STREAMING (Klik disini)

SURABAYA – Derasnya arus imigran ilegal yang menyatakan diri sebagai orang asing pencari suaka atau pengungsi yang masuk ke wilayah Jawa Timur berpotensi menimbulkan gangguan keamanan di wilayah setempat. karena itu untuk pemetaan masalah dan sharing informasi tentang keberadaan orang asing dilaksanakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Provinsi Jawa Timur pada Selasa (7/5) di Hotel Garden Palace Surabaya.

Dalam rapat tersebut hadir Kakanwil Kemenkumham Jatim Indro Purwoko didampingi para kepala divisi dan Direktur Penyidikan Penindakan Keimigrasian Direktorat Keimigrasian Ida Bagus K Adnyana sebagai salah seorang narasumber.

Kakanwil dalam sambutannya mengatakan bahwa sampai dengan saat ini jumlah imigran illegal yang melintas dan tertangkap sebanyak 329 orang dan berasal dari beberapa negara seperti Bangladesh, Myanmar, Srilanka, Iran dan Lebanon. Di sisi lain, lanjutnya, pengungkapan beberapa kasus imigran illegal mengindikasikan bahwa kedatangan dan keberadaan mereka di suatu negara telah diatur dan diorganisir oleh suatu sindikat kejahatan yang bersifat transnasional. “Dengan saling tukar menukar informasi keberadaan dan kegiatan orang asing diharapkan penanganan imigral illegal dapat dilaksanakan dengan baik,” jelasnya. (humas-wis/and)