SPEEDBOAT BUATAN NAPI SUKSES DI UJI COBA

SPEEDBOAT BUATAN NAPI SUKSES DI UJI COBA

SIDOARJO – Kerja keras para Narapidana LAPAS Kelas I Surabaya selama beberapa bulan akhirnya terbayar dengan suksesnya uji coba Speedboat yang dilakukan pada tanggal 15 April 2012 di Telaga Tlocor, Porong, Sidoarjo. Uji coba tersebut tampak sangat istimewa karena hadir secara langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sihabudin, Bc.IP, SH, MH. Selain itu hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Drs. Mashudi, Bc.IP, MAP, Kepala Divisi Administrasi, Dwi Prasetyo Santoso, SH, MH, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Djoko Hikmahadi, Bc.IP, SH serta para Kepala UPT di jajaran Kanwil Jatim.

Kegiatan dimulai dengan laporan ketua panitia yaitu Ka LAPAS Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dirjen Pemasyarakatan. Dalam sambutannya, beliau mengaku sangat bangga dan apresasi dengan berhasilnya para Narapidana membuat sebuah kapal motor atau speedboat. “Saya sangat terharu dan bangga dengan hasil karya ini,” jelas beliau.

Usai memberikan sambutan, beliau bersama rombongan berkesempatan menaiki speedboat bercat kuning dan putih itu. Meski belum sempurna karena belum terpasang aksesoris didalamnya, namun secara teknis speedboat tersebut sudah memenuhi unsur kelayakan sebagai sebuah kapal motor. “Dari aspek stabilitas dan aspek Kecepatan sudah sangat baik,” kata Dirjen Pas usai mencobanya. Beliau juga menambahkan bahwa kemungkinan besar kapal motor tersebut akan digunakan sebagai kapal patroli di Lapas Nusakambangan.

Untuk diketahui speedboat dengan bahan bakar dari fiber itu berukuran panjang 9,6 meter dan lebar 2,5 meter itu berbobot 2 ton. Kapal itu juga bisa melaju dengan kecepatan maksimal 40 knot atau setara dengan 80 kilometer per jam. Dalam pembuatan kapal motor tersebut, Lapas Kelas I Surabaya bekerja sama dengan Universitas Muhamadiyah Surabaya. (CS-HUMAS)

UJI COBA  SPEDBOAT 2

uji coba spitboat

UJI COBA  SPEDBOAT

 UJI COBA  SPEDBOAT 1

 

   

 

uji coba spitboat 2   

 

 

        uji coba spitboat 1               

 



 

 


 





Cetak   E-mail