Sinergi dan Kolaborasi Lintas Stakeholder Jadi Kunci Sukses Pelayanan Haji 2024

FOTO_UTAMA_-_2024-05-12T133616.815.jpg SURABAYA- Hari Pertama proses pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 2024 di Bandara Juanda, Surabaya, berlangsung aman dan lancar. Sebagai salah satu penggerak utama, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Herdaus mengapresiasi sinergi dan kolaborasi lintas stakeholder yang terlibat.

"Tentunya ini menjadi awal yang baik, mengingat proses pelayanan haji 2024 masih akan berlangsung hingga 22 Juli mendatang atau saat debarkasi kloter terakhir," ujar Herdaus yang didampangi Kepala Imigrasi Surabaya Ramdhani saat memantau langsung proses pemberangkatan di Bandara Internasional Juanda, Minggu pagi (12/5).

Herdaus menjelaskan bahwa pihaknya menerapkan arahan Dirjen Imigrasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Yaitu mudah, cepat, dan sebaik-baiknya. Pelayanan ini dimulai dari pemeriksaan dokumen di Asrama Haji Sukolilo, dilanjutkan dengan pemeriksaan keimigrasian oleh Imigrasi Arab Saudi di Bandara Juanda. Hingga pengawasan dan pendampingan saat proses boarding.

"Masing-masing proses memiliki perhitungan waktu tersendiri," jelas Herdaus.

"Contohnya, proses boarding memakan waktu sekitar 50-60 menit. Kami akan terus melakukan evaluasi dan mencari cara untuk mempercepat proses ini," imbuhnya.

Kerja sama antar instansi di Bandara Juanda dan PPIH Embarkasi/ Debarkasi Surabaya juga menjadi kunci kelancaran proses pemberangkatan.

"Sejak pelantikan kepanitiaan oleh Pj Gubernur Jawa Timur, kami telah berkolaborasi dan mengadakan koordinasi internal untuk membahas setiap pergerakan dan aktivitas. Semua ini tidak luput dari evaluasi dan pengawasan bersama," tutur pria asli Banten ini.

Penerapan layanan Fast Track haji di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada musim haji 2024 juga turut memperlancar proses pemberangkatan. Layanan ini memungkinkan jemaah haji untuk menyelesaikan proses pemeriksaan imigrasi di Indonesia sebelum keberangkatan.

"Hal ini membuat CJH tidak perlu lagi mengantri panjang di Imigrasi Arab Saudi saat tiba di bandara tujuan," tegasnya.

Kinerja yang baik ini merupakan komitmen bersama untuk memastikan kelancaran proses pemberangkatan jemaah haji embarkasi Surabaya.

"Kami berkomitmen untuk membuat prosesnya lebih baik dari tahun sebelumnya," pungkasnya.

Upaya petugas imigrasi dan stakeholder lainnya dalam melayani jemaah haji mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Para jemaah haji merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

"Pelayanannya sangat baik dan cepat. Petugasnya juga ramah dan membantu," ujar salah seorang jemaah haji.

Kelancaran proses pemberangkatan CJH 2024 menunjukkan komitmen dan kerja keras semua pihak. Dengan terus meningkatkan kolaborasi dan evaluasi, diharapkan proses pemberangkatan kloter-kloter selanjutnya akan semakin lancar dan efisien. Turut hadir dalam pemberangkatan di Bandara Internasional Juanda yaitu Dirjen Bina Haji Kemenag RI Arsyad Hidayat, Plt. Kanwil Kemenag Jatim Imron Rosyadi, Kabid PHU Abdul Harris. (Humas Kemenkumham Jatim) WhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.15_1.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.14.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.14_1.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.13.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.13_2.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.13_1.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.17.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.16.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.16_1.jpegWhatsApp_Image_2024-05-12_at_11.43.15.jpeg

 

 


Cetak   E-mail