Penguatan Timpora Sidoarjo, Akan Banyak Libatkan Masyarakat

WhatsApp Image 2018-05-30 at 5.56.07 PM.jpegBERI APRESIASI : Kadiv Imigrasi Zakaria saat memberikan sambutan dalam rapat penguatan timpora Kabupaten Sidoarjo (30/5).

SIDOARJO - Kanwil Kemenkumham Jatim terus melakukan penguatan terhadap Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora). Kali ini (30/5), Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya melakukan penguatan kepada Timpora Sidoarjo.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kadiv Imigrasi Zakaria yang mewakili Kakanwil Kemenkunham Jatim Susy Susilawati. Kabid Intel Wasdakim Tohadi turut mendampingi. Sedangkan dua pemateri lain adalah Asisten I Bidang Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Sidoarjo Heri S dan Kepala Bakesbangpol Sidoarjo Mulyawan.

Dalam sambutannya, Kadiv Imigrasi menyatakan keberadaan orang asing di Jatim khususnya Sidoarjo punya manfaat dan kekurangan. Bermanfaat bila orang asing tersebut masuk sesuai dengan prosedur dan menanamkan investasinya. "Namun, bagi yang tidak sesuai prosedur malah akan menyusahkan kita," ujarnya.

Untuk itu, keberadaan tim pora diharapkan akan membuat pengawasan kepada orang asing semakin maksimal. Mengingat, ada struktur yang jelas. Bahkan keberadaannya hingga tingkat kecamatan. Namun, Bapak Zakaria mengingatkan bahws hal tersebut harus ditunjang dengan adanya sinergitas antar instansi. "Aktif dalam berkomunikasi dalam berbagai kegiatan," terangnya.

Agar lebih maksimal, lanjut Bapak Zakaria, pengawasan orang asing membutuhkan partisipasi masyarakat. Karena wilayah Jatim sangat luas. Selain itu, yang melakukan interaksi langsung dengan orang asing adalah masyarakat. "Ke depan, target kita adalah dengan meningkatkan partisipasi masyarakat sipil," harapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya M Tarmin Satiawan. Menurutnya, tahun lalu adalah momen untuk pengukuhan tim pora di wilayah Sidoarjo. Sedangkan tahun ini, timpora diharapkan akan lebih banyak melakukan penindakan. "Perbanyak operasi dengan melibatkan instansi terkait. Mulai dari Kepolisian, Kejaksaan, Kecamatan hingga badan intelejen," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kanim Surabaya juga memberikan apresiasi kepada seluruh instansi yang terlibat aktif dalam timpora. Tiap instansi mendapatkan piagam penghargaan sebagai bentuk terima kasih. Termasuk penghargaan kepada tim teraktif yang diberikan kepada Polsek, Kodim dan Camat Wonoayu. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-05-30 at 4.58.03 PM.jpegWhatsApp Image 2018-05-30 at 4.58.02 PM.jpegWhatsApp Image 2018-05-30 at 4.57.58 PM.jpeg

Foto Lainnya >>

Cetak