Masyarakatnya Semakin Sadar Hukum, Desa Panggul Jadi Lebih Unggul

WhatsApp Image 2018-08-02 at 4.26.54 PM.jpegSOSIALISASI : JFT Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim Dian Megawati saat memberikan materi seputar Desa Sadar Hukum di Desa Panggul, Trenggalek (2/8).

TRENGGALEK – Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim seolah tak punya urat lelah dalam membina Desa Sadar Hukum (DSH). Kali ini (2/8), kegiatan pembinaan Desa Sadar Hukum dilakukan di Desa Panggul.

Masih seperti sebelumnya, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Bagian Hukum Kabupaten Trenggalek.
Penyampai materi adalah dua JFT Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim, Dina Isnaini dan Dian Megawati.
Yang membuat pembinaan kali ini istimewa adalah Desa Panggul merupakan desa yang berdekatan dengan lokasi wisata.Yaitu dengan pantai Konang, Pantai Kili Kili dan Goa Lowo. Daerah yang menyenangkan.

Apalagi, masyarakatnya juga sangat antusias terkait masalah hukum. Hal tersebut dibuktikan dengan taat membayar pajak, tingkat kriminal hampir tidak ada, tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan. “Dan di sini tidak ada pernikahan di usia dini,” ujar Kades Panggul Suharto.

Untuk itu, Bapak Suharto berharap desanya akan masuk sebagai kriteria menjadi Desa Sadar Hukum. Dengan mendapatkan Penghargaan berupa Prasasti Anubhawa Sasana Desa atau Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Hal ini tentunya merupakan progres yang menarik. Karena sudah lebih maju dari lainnya. Pembinaan melalui Temu Sadar Hukum ini dan berlanjut adanya Simulasi. Terakhir, mengikuti Lomba Kadarkum akan meningkatkan budaya hukum kepada masyarakat untuk menjadi tertib dan taat hukum. “Ini penting, agar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat merasa aman dan damai,” tutur Penyuluh Dian. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-08-02 at 2.26.30 PM.jpegWhatsApp Image 2018-08-02 at 2.26.28 PM (1).jpegWhatsApp Image 2018-08-02 at 2.26.28 PM.jpeg

Cetak   E-mail