Sambut HUT RI ke-73, PMPN Kanwil Jatim Beraksi

WhatsApp Image 2018-08-03 at 8.53.26 PM.jpeg

JATIM – Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73, Kanwil Kemenkumham Jatim punya berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan Bakti Bagimu Negeri yang melibatkan Pasukan Merah Putih Narapidana (PMPN) di seluruh Lapas/ Rutan di Jatim.

Seperti diketahui bersama, PMPN ini terdiri dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) terpilih. Sebelumnya, bertepatan dengan hari lairnya Pancasila pada 1 Juni 2018 lalu, pasukan tersebut dikukuhkan secara serentak. Mereka jadi percontohan bagi WBP lain di masing-masing Lapas/ Rutan di Jatim.

Nah, salah satunya adalah kegiatan Bakti Bagimu Negeri yang dilaksanakan secara serentak pada Sejak Rabu (1/8). Masing-masing Lapas/ Rutan maupun Korwil mengerahkan PMPN untuk berbuat sesuatu yang berguna untuk masyarakat. Kegiatannya beragam. Yang penting ada gunanya bagi masyarakat.

Seperti yang dilakukan di Pacitan, hari ini (3/8) sebanyak 10 PMPN dari Rutan Klas II-B Pacitan melakukan rangkaian bakti sosial untuk membangun rumah salah satu warga di Desa Suko, Kecamatan Punung.

Sebelumnya, pada Rabu(1/8) PNPM Rutan Kelas IIB Situbondo (Korwil Jember) melakukan perbaikan Masjid Khairil Anwar di Dusun Paralaman, Kelurahan Dawuhan, Situbondo. Di saat yang sama, PNPM Korwil Bojonegoro juga merenovasi Mushola An-Nur, di Kelurahan Kepatihan, Bojonegoro. Langkah ini diikuti PNPM Rutan Magetan yang ikut membangun Masjid Al Ikhlas Kelurahan Kebonagung, Magetan.

Lapas Ngawi pun tak mau kalah. Mereka membangun bak penampungan sampah sementara di Kelurahan Margomulyo, Ngawi. Lingkungan tersebut dipilih karena sebelumnya warga membuang sampah dalam kantong plastik yang ditumpuk. Oleh karena dibangunlah bak penampungan sampah sementara agar memudahkan warga membuang sampah dan petugas kebersihan untuk mengumpulkan sampah.

Gebrakan serupa dilakukan Korwil Kediri. UPT di Korwil Kediri patungan membangun Mushollah di Desa Mojo Duwur, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Diperkirakan, Mushollah dikerjakan oleh PNPM Korwil Kediri itu akan rampung pada Bulan Oktober mendatang.

Memang, setiap UPT maupun korwil seolah berlomba-lomba dalam gerakan positif ini. Korwil Madura tak mau ketinggalan dengan aktif melakukan perbaikan Madrasah Diniyah Nurus Sa’diyah Desa Poja, Gapura, Sumenep. Dan terakhir, PNPM Korwil Surabaya merenovasi Mushollah Baiturrahman, di Kelurahan Sidoklumpuk, Sidoarjo

Kegiatan ini menjadi sala satu ruang untuk melakukan pembinaan kepada WBP. Sekaligus menunjukkan bahwa para WBP bisa melakukan hal yang berguna bagi negeri ini. “Ini menjadi bukti, bahwa pembinaan yang kami lakukan selama ini membuahkan hasil nyata,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati. (Humas Kemenkumam Jatim)


Cetak   E-mail