Perhatikan Kesehatan WBP, Kanwil Jatim-Dinkes Bersinergi

WhatsApp Image 2018-08-16 at 11.14.29 AM.jpegSINERGI: Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati berjabat tangan dengan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim Kohar Hari Santoso usai penandatanganan MoU.

SIDOARJO - Kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP) menjadi perhatian serius Kanwil Kemenkumham Jatim. Hal ini dibuktikan dengan melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan Pemprov Jatim. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada WBP.

Penandatanganan itu dilakukan hari ini (16/08) usai memberikan remisi secara simbolis kepada perwakilan WBP. Pada kegiatan yang dilaksanakan di Lapas Kelas I Surabaya itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati menandatangi MoU di Bidang Pelayanan Kesehatan TB, HIV dan AIDS, serta Penyelenggaraan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) bersama Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim Kohar Hari Santoso.

Kerjasama ini diharapkan mampu mencegah dan menanggulangi bahaya penyakit menular terutama terkait TB, HIV dan AIDS. Untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan tersebut, maka Dinkes Provinsi akan membentuk POSBINDU yang bertempat di Lapas, Rutan, dan Rudenim. "Dinkes Provinsi akan memberikan pelayanan tes TB, HIV dan AIDS secara rutin kepada seluruh warga binaan baik di Lapas maupun Rutan serta WNA yang ada di Rudenim," ujar Kabiro Hukum Pemprov Jatim Himawan Estu Bagijo.

Selain itu bagi Calon/Pekerja Migran yang hendak bekerja di luar negeri atau sepulang dari bekerja di luar negeri juga tidak luput dari pemeriksaan pelayanan kesehatan TB, HIV dan AIDS. Sehingga dapat memutus mata rantai penularan dan dalam hal terindikasi virus bisa segera langsung didata dan dilakukan penanggulangan. "Jadi bantuan yang diberikan cukup kompleks, karena ada di banyak bidang," lanjut Bapak Himawan.

Kerjasama ini menindaklanjuti hasil Rancangan Perda tentang Penanggulangan HIV dan AIDS yang sedang dilakukan proses penyusunan oleh Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Jatim. Dalam hal ini diwakili oleh Haris Nasiroedin, Maja Mahardi, dan Yovan Iristian. "Penyusunan ini tentu saja tidak luput dari diskusi yang panjang dan komitmen bersama hingga akhirnya Dinkes Provinsi bersedia memfasilitasi seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim terkait pemberian pelayanan kesehatan tersebut," puji Kakanwil. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-08-16 at 10.34.22 AM.jpegWhatsApp Image 2018-08-16 at 9.40.38 AM.jpegWhatsApp Image 2018-08-16 at 9.40.37 AM.jpeg

Cetak   E-mail