Tambah Layanan Kesehatan WBP dengan Skrining TBC Gratis

WhatsApp Image 2018-09-15 at 1.51.19 PM.jpeg

JEMBER - Semangat melayani terus ditunjukkan Kanwil Kemenkumham Jatim beserta UPT jajaran. Salah satunya memberikan layanan kesehatan kepasa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sebanyak 60 WBP Lapas Jember mengikuti skrining Tuberculosis (TB) gratis kemarin (14/9).

Skrining TBC tersebut diadakan di Aula Lapas Jember. Bekerjasama dengan RS Paru Jember, pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan Mobile Rontgen. Dokter penanggungjawab kesehatan, kader kesehatan dan CASN perawat Lapas berkolaborasi dengan tim medis sekaligus radiografer RS Paru Jember. Kegiatan dibuka langsung Kalapas Jember Sarju Wibowo.

Sebelum dilakukan skrining, sebanyak 35 tahanan dan 25 narapidana pria diberi penyuluhan tentang TB. Serta cara penularan oleh tim kesehatan RS Paru. Kemudian, mereka diperiksa secara umum oleh tim kesehatan RS. Dan diakhiri dengan pemeriksaan thorax dengan foto rontgen di dalam bis mobile rontgen RS Paru. WBP lalu kembali ke blok masing-masing.

Bapak Sarju mengungkapkan bahwa kegiatan ini jadi salah satu bentuk layanan prima di bidang kesehatan. Khususnya ditujukan kepada penghuni baru dan narapidana yang beresiko tertular TB. Tujuannya, agar WBP yang mengidap TB bosa ditemukan sejak dini dan dapat segera diobati. Sehingga tidak terjadi penularan TB di dalam Lapas Jember. "Ini sebagai bentuk antisipasi, agar seluruh WBP dalam keadaan sehat," ujarnya.

Memerlukan waktu beberapa hari bagi RS Paru untuk membaca hasil rontgen 60 WBP. Sehingga sampai saat ini belum dapat disampaikan hasil diagnosanya. "Rencananya, kegiatan skrining dilakukan secara berkala yaitu 2 kali dalam sebulan," terangnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-09-15 at 1.03.48 PM.jpegWhatsApp Image 2018-09-15 at 1.03.47 PM.jpegWhatsApp Image 2018-09-15 at 1.03.44 PM.jpeg

Cetak   E-mail