Kakanwil Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

WhatsApp Image 2018-10-01 at 9.20.21 AM.jpeg

SURABAYA – Hari pertama bulan Oktober ini merupakan hari Kesaktian Pancasila. Untuk memperingatinya, Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan upacara pagi ini (1/10). Seluruh pegawai mengikuti dengan khidmat.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati menjadi Inspektur Upcara pada upacara yang dilaksanakan di halaman kanwil itu. Beliau ditemani Kadiv Pemasyarakatan Anas Saeful Anwar, Kadiv Keimigrasian Zakaria dan Kadiv Yankumham M Yunus Affan. Seluruh peserta mengikuti dengan mengenakan batik KORPRI.

Dalam upacara tersebut, Kakanwil membacakan amanat Menkumham Yasonna H Laoly. Amanat setebal 4 halaman itu bertema ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa.’ Mengungkapkan bagaimana cara mengaktualisasikan Pancasila, sebagai ideologi dan cara hidup bangsa, ke dalam tugas-tugas pegawai Kemenkumham. “Bahwa Pengayoman mengandung nilai-nilai di dalam Pancasila,” ujarnya. “Dengan demikian, hukum yang mengemban karakter Pengayoman secara langsung merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila,” imbuhnya.

Ibu Susy juga mengaskan bahwa sudah sepatutnya nilai Pancasila hadir di dalam pencapaian visi Kemenkumham yaitu untuk mewujudkan kepastian hukum. Sebagai pengemban mandat fungsi pemerintahan di bidang Hukum dan HAM. “Sudah merupakan tugas kita bersama untuk mengimplementasikan Pengayoman sebagai tujuan dari sistem hukum di Indonesia,” lanjutnya.

Terakhir Kakanwil mengingatkan bahwa prestasi bangsa hanya dapat dicapai melalui kerja bersama. Sesuai dengan tugas yang diemban masing-masing. Yang merupakan bagian dari kesatuan utuh organisasi Kemenkumham dengan tata nilai Kami ‘PASTI’. “Saya mendorong agar dalam Hari Kesaktian Pancasila, dapat menjadi momentum pembentukan memori kolektif kita untuk semakin merapatkan barisan dalam mengamankan dan mengamalkan nilai Pancasila,” tutupnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-10-01 at 8.28.06 AM.jpegWhatsApp Image 2018-10-01 at 8.28.06 AM (1).jpegWhatsApp Image 2018-10-01 at 8.28.05 AM.jpegWhatsApp Image 2018-10-01 at 8.28.05 AM (1).jpegWhatsApp Image 2018-10-01 at 8.28.04 AM.jpeg

Foto Lainnya >>

Cetak