Lakukan Pengawasan Produk IG Kopi Java Ijen-Raung

WhatsApp Image 2018-11-09 at 3.03.22 PM.jpeg

BONDOWOSO - Kopi Java Ijen-Raung adalah produk Indikasi Geografis (IG) asal Jatim yang terdaftar di Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI) sejak tanggal 10 September 2013. Untuk itu perlu menjaga reputasi, kualitas dan karakteristik dari produk IG tersebut. Bekerjasama dengan DJKI, Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan pengawasan terhadap produk IG itu.

Dalam pengawasan ini, tim pengawasan terdiri dari Kadiv Yankumham M Yunus Affan, Kabid Pelayanan Hukum Mustiqo Vitra Ardhiansyah dan tim. Sedangkan dari DJKI diwakili Kasi Pemantauan dan Pengawasan IG DJKI, Idris. Pengawasan ini dilakukan dengan 2 tahap. Yaitu pemaparan materi dari narasumber dan mengunjungi kebun kopi di lereng Gunung Ijen.

Pengawasan dilakukan pertama kali ditempat pengolahan kopi Java Ijen Raung di Desa Sukorejo, Sumber Wringin, Bondowoso. Dimana pengarahan dan pembinaan dilakukan kepada 50 (orang) anggota Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Java Ijen Raung di Balai Desa. Anggota MPIG meliputi: Kelompok Tani Produsen Kopi Gelondong Merah (KT-PKGM), Unit Pengolah Hasil (UPH), Hulu dan Hilir; warung kopi dan unsur pelaku usaha lainnya.

Yunus menyampaikan materi tentang Peran Kanwil Kemenkumham Jatim untuk memberdayakan masyarakat. Termasuk dalam kaitannya dengan pendaftaran KI. Arahan dan pembinaan berikutnya dilakukan oleh Idris yang menyampaikan materi tentang Pengawalan dan pendampingan Sertifikasi IG.

Dari dialog dengan MPIG dapat diketahui bahwa dengan adanya IG, harga kopi stabil. Nilai jualnya pun naik signifikan. Dampanya jumlah kelompok tani dan luas lahan yang dikelola untuk ditanami kopi bertambah.

Pengawasan dilanjutkan dengan mengunjungi kebun kopi di lereng Gunung Ijen-Raung. Di sana, tanaman kopi masih terpelihara dengan baik melputi: varietas kopi, jarak tanam, penaungan tetap, pemupukan, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), diversifikasi, rumput dan areal kebun. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-11-09 at 2.33.18 PM.jpegWhatsApp Image 2018-11-09 at 2.33.18 PM (3).jpegWhatsApp Image 2018-11-09 at 2.33.18 PM (2).jpegWhatsApp Image 2018-11-09 at 2.33.18 PM (1).jpeg

Cetak   E-mail