Kabiro Hukum Pemprov Jatim Silahturahmi dengan Kakanwil

WhatsApp Image 2018-11-13 at 7.30.29 PM.jpeg

SURABAYA – Sinergitas dengan instansi/ lembaga negara terus dijalin Kanwil Kemenkumham Jatim. Hari ini (13/11) Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati menerima kunjungan kerja Kepala Biro Hukum Setda Pemprov Jatim Jempin Marbun.

Kakanwil menerima Jempin di ruangannya. Kakanwil didampingi Kadiv Administrasi Wisnu Nugroho Dewanto dan Kadiv Yankumham M Yunus Affan. Selain itu, Kabid HAM Wiwit P Iswandari dan Kabid Pelayanan Hukum Mustiqo Vitra Ardhiansyah.

Jempin mengungkapkan dalam rangka sinergitas beberapa program kerja. Berbagai persoalan terkait tugas dan fungsi dibahas. Seperti penyuluhan hukum dengan output desa sadar hukum (DSH). Tahun ini ditetapkan 112 desa sadar hukum yang rencananya akan ditetapkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Selanjutnya, terkait perancang perundang-undangan. Saat ini, Perancang tidak hanya terlibat dalam proses legalisasi Perda namun juga substansi setiap Perda. “Kami harap harap Perancang bisa berperan lebih,” ujar Jempin.

Pertemuan itu juga membahas terkait Aksi HAM daerah yang diprakarsai oleh Ditjen HAM. Dan yang menjadi leading sector adalah pemerintah daerah. Penilaian Kabupaten/ Kota peduli HAM juga dibahas. “Mengingat program ini melibatkan Pemprov Jatim sebagai pendorong dan koordinator bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Jatim sebagai fasilitator dan motivator,” lanjut Jempin.

Terkait Organisasi Bantuan Hukum (OBH), harus ada sinergitas dan koordinasi antara kanwil dengan biro hukum Pemprov. Agar tidak ada double fee untuk pembiayaan. Soal Timpora juga tak luput dari pembahasan. Karena kerja sama dengan keimigrasian juga melibatkan pemerintah daerah melalui Perda tahun 2016.

Terakhir, hal yang dibahas adalah lembaga pemasyarakatan. Pemprov Jatim akan bersinergi terkait dengan bantuan bagi warga binaan yang merupakan warga Jatim. “Termasuk dalam penyampaian remisi yang merupakan hak WBP,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Susy mengungkapkan terima kasih atas kunjungan Jempin. Menurutnya, ini adalah upaya penyamaan visi dan misi yang sangat penting. “Semoga koordinasi yang baik ini bisa berjalan terus, sehingga kita bisa terus harmoni,” harap Susy. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-11-13 at 5.01.15 PM.jpegWhatsApp Image 2018-11-13 at 5.01.11 PM.jpegWhatsApp Image 2018-11-13 at 5.01.12 PM.jpegWhatsApp Image 2018-11-13 at 5.01.14 PM.jpeg


Cetak   E-mail