Dirjenpas: Revitalisasi Pemasyarakatan Harus Dimulai dari Diri Sendiri

WhatsApp Image 2018-11-26 at 1.56.29 PM.jpeg

SURABAYA – Revitalisasi Sistem Pemasyarakatan menjadi tema besar Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan (Rakernispas) Jatim hari ini (26/11). Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengungkapkan bahwa bahwa revitalisasi sistem pemasyarakatan haru dimulai dari individu insan pemasyarakatan.

Hal itu disampaikan Utami untuk para Kepala UPT Pemasyarakatan di Jatim. Menurutnya, para kepala UPT harus mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada publik. Karena tuntutan tersebut, kepala UPT Pemasyarakatan harus bisa jadi teladan bagi bawahannya. “Perubahan harus dimulai dari diri sendiri. Dimulai dari hal yang paling dekat dan sederhana,” ujarnya.

Menurutnya, PR terbesar insan pemasyarakatan adalah perubahan Mindset dan Culture set. Dari yang dulunya minta dilayani, menjadi semangat melayani. Selain itu, lanjut Utami, para insan pemasyarakatan harus bisa menerapkan kembali 10 prinsip pemasyarakatan. Dimana pembinaan menjadi kunci utama. “Inilah pentingnya mengembalikan pemasyarakatan kepada konsep awalnya. Kita tidak boleh membuat WBP menjadi lebih buruk lagi,” pesannya.

Utami juga berpesan agar para UPT memperhatikan strategi media. Agar bisa menyeimbangkan pemberitaan negatif dengan positif. “Kita tidak boleh terus jadi bulan-bulanan pemberitaan negatif media massa. Harus diseimbangkan. Fokus ke hal kecil, tapi nendang,” ujarnya.

Utami juga memerintahkan jajaran pemasyarakatan untuk berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Menurutnya, ini dibutuhkan di era yang membutuhkan kecepatan dan percepatan. “Rakernispas ini harus menghasilkan sesuatu yang bisa mengembalikan marwah dan martabat pemasyarakatan,” tegasnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-11-26 at 10.58.20 AM (1).jpegWhatsApp Image 2018-11-26 at 10.58.20 AM (2).jpegWhatsApp Image 2018-11-26 at 10.58.21 AM.jpegWhatsApp Image 2018-11-26 at 1.34.19 PM.jpeg

Cetak   E-mail