Tim DIH Gerak Cepat Dorong Minat Baca WBP

WhatsApp Image 2018-12-06 at 2.54.20 PM.jpeg

PASURUAN – Buku adalah jendela ilmu. Karena pentingnya buku, masyarakat perlu didorong untuk menumbuhkan minat baca. Begitu juga halnya dengan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Tim Dokumentasi dan Informasi Hukum (DIH) Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Pasuruan. Rombongan dipimpin langsung Kasubbid DIH Gatot Suharto. Tim disambut dengan baik oleh Kalapas Pasuran, Fikri Jaya Soebing.

Tim DIH menyampaikan beberapa hal terkait pengelolaan perpustakaan Lapas. Salah satunya untuk menumbuhkan minat baca & menjawab kebutuhan WBP terhadap bahan bacaan. “Membuat WBP gemar membaca bisa jadi acuan bahwa pembinaan di dalam Lapas berhasil,” ucap Gatot.

Hal ini direspon positif oleh Kasi Binadik dan Giatja Lapas Pasuruan. Anggre Anandayu mengungkapkan bahwa dengan adanya Sumber Daya Pustaka diharapkan bisa membantu penambahan buku koleksinya.Karena selama ini jumlah buku yang ada di perpustakaan Lapas sangat terbatas.

Tim DIH tak mau buang waktu. Di hari yang sama, Tim DIH langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pasuruan Evawati. Tujuannya untuk menjajaki kerjasama. Eva menyambut baik rencana ini. Karena selama ini sudah ada kerjasama antara pihaknya dengan Lapas Pasuruan melalui perpustakaan kelililing.

Dengan kerjasama ini, diharapkan setiap bulannya akan ada satu pustakawan dari DPK Pasuruan yang singgah dan standby di Lapas untuk melayani para WBP. Juga membantu pengelolaan Perpustakaan Lapas. Tim DIH lalu bergerak menemui Kabid Kerjasama Pemkot Pasuruan, Sahari. Dalam pertemuan tersebut disampaikan secara tegas oleh sahari bahwa kota pasuruan siap menyambut kerjasama dengan DIH kanwil kemenkumham dan berharap segera terwujud kolaborasi kegiatan yang saling mendukung. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya >>

WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.57.22 PM.jpegWhatsApp Image 2018-12-06 at 1.57.22 PM (1).jpegWhatsApp Image 2018-12-06 at 1.57.22 PM (2).jpegWhatsApp Image 2018-12-06 at 1.57.22 PM (3).jpegWhatsApp Image 2018-12-06 at 1.57.22 PM (4).jpeg

Foto Lainnya >>

Cetak