Berbagai Capaian Kemenkumham Jatim Dapat Apresiasi Dari Anggota Komisi III DPR RI

WhatsApp Image 2019-02-18 at 17.31.46 (1).jpeg

SURABAYA – Kanwil Kemenkumham Jatim benar-benar jadi bahan perbincangan saat Rapat Kerja Reses (RKR) Komisi III DPR RI pagi ini (18/2). Sejumlah program mendapatkan apresiasi secara langsung dari para wakil rakyat tersebut.

Apresiasi pertama diungkapkan Moreno Soeprapto. Anggota Komisi III dari Fraksi Gerindra itu memuji kondisi di Lapas Kelas I Malang dan Lapas Perempuan Malang. Menurutnya, meski penuh sesak, namun kondisi lingkungannya sangat bersih. “Ini wujud keberhasilan Kemenkumham, meski kondisi sangat terbatas, tetap bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain, dia meminta agar pihak Lapas lebih aktif lagi melakukan pembinaan. Lahan ‘tidur’ yang dimiliki Kemenkumham harus bisa dimanfaatkan sebagai Lapas terbuka. Dia yakin di Jatim banyak WBP yang layak dikaryakan. “Sinergi dan kolaborasi dengan pemda sangat diperlukan, agar ketika mereka keluar bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Sementara itu, pujian lain datang dari Anggota dari Fraksi Demokrat Didik Mukriyanto. Dia menyoroti keberhasilan Kanim Tanjung Perak dalam melakukan pendeteksian dini para TKA ilegal di wilayah kerjanya. Menurutnya, hal ini mampu membuat situasi di masyarakat menjadi lebih kondusif.

Dia juga mengapresiasi pola pembinaan yang positif dari Lapas Tuban. Menurutnya, usaha dari Lapas Tuban sangat luar biasa. Dengan biaya minim, tapi bisa membuat pola pembinaan di sektor perkebunan dengan baik. “Saya tahu, pihak Lapas sangat aktif berkoordinasi dengan perhutani untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk pembinaan,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati mengucapkan terima kasih atas kritik dan sarannya. Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan akan menindaklanjuti setiap saran dari pihak eksternal, termasuk anggota Komisi III DPR RI. Di dalam forum itu, Susy juga menyampaikan bahwa pihaknya memberikan buah tangan yang isinya batik, kecap dan sambal hasil karya WBP. “Tolong batiknya dikenakan. Kecap serta sambalnya juga dicicipi. Agar kami bisa promosi bahwa para wakil rayat yang terhormat juga senang dengan hasil karya WBP,” harapnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp Image 2019-02-18 at 17.12.04.jpegWhatsApp Image 2019-02-18 at 17.03.12.jpegWhatsApp Image 2019-02-18 at 16.54.53.jpegWhatsApp Image 2019-02-18 at 16.54.02.jpegWhatsApp Image 2019-02-18 at 17.12.05.jpegWhatsApp Image 2019-02-18 at 17.12.05 (1).jpeg

Cetak   E-mail