Lakukan Telaah Permasalahan Hukum dan HAM

WhatsApp Image 2019-03-20 at 18.49.47 (1).jpeg

SURABAYA – Divisi Yankumham mulai melakukan Inventarisasi data permasalahan terkait hukum dan HAM (DATAMASKUMHAM). Dimulai hari ini (20/3) dengan melaksanakan rapat telaahan atas permasalahan hukum dan HAM yang sudah diterima. Baik oleh tim konsultasi hukum dan tim YANKOMAS.

Rapat dibuka oleh Kepala Bidang HAM Wiwit P Iswandari. Dia menyampaikan nilai penting tindak lanjut penanganan permasalahan hukum dan HAM yang sudah diterima sebagai wujud optimalisasi kinerja. Terutama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Sementara Kasubid Pelayanan Pengkajian dan Pengembangan Hukum dan HAM Nova Wijayanti mengungkapkan bahwa agenda rapat hari ini adalah melakukan analisa telaahan terhadap 2 permasalahan yang sudah diterima. Yaitu terkait permasalahan hukum atas sengketa tanah dengan locus kejadian di Mojokerto. “Dan yang kedua terkait permasalahan dugaan pelanggaran HAM atas ketenagakerjaan dengan locus kejadian di Surabaya,” ujarnya.

Nova mengungkapkan perlu dilakukan koordinasi tindak lanjut dengan instansi terkait. Tujuannya untuk memperoleh informasi yang berimbang sebagai bahan rekomendasi penyelesaian permasalahan. Agar dapat terpenuhi rasa keadilan dari penyampai komunikasi. “Langkah ini juga upaya kita agar pelaksanaan pemenuhan HAM-nya lebih optimal,” lanjutnya.
Karena DATAMASKUMHAM sendiri, lanjut Nova, tidak hanya berhenti sebatas inventarisasi data permasalahan hukum dan HAM yang terjadi di masyarakat. Tapi juga bagaimana kita dapat mengimplementasikan bahwa Negara hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan dan pemenuhan hukum dan HAM.

Rapat menghadirkan JFT Penyuluh Hukum sebagai penerima konsultasi hukum. Serta tim YANKOMAS sebagai penerima layanan konsultasi permasalahan dugaan pelanggaran HAM. (Humas Kemenkumham Jatim)

 

Foto Lainnya>>

 WhatsApp Image 2019-03-20 at 15.07.47.jpegWhatsApp Image 2019-03-20 at 15.07.49.jpegWhatsApp Image 2019-03-20 at 15.07.48.jpegWhatsApp Image 2019-03-20 at 15.07.48 (1).jpeg

Foto Lainnya>>

 

Cetak