Puncak Peringatan HBP Jatim Dipusatkan di Rutan Medaeng

WhatsApp Image 2019-04-27 at 12.34.14 (1).jpeg

SIDOARJO - Hari ini (27/4) seluruh insan pemasyarakatan di Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-55. Di Jawa Timur, upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) dipusatkan di Rutan Kelas I Surabaya (Medaeng) dengan inspektur upacara Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono.

Hadir pula Kadiv Keimigrasian Zakaria dan para pejabat Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim, Kepala UPT Pemasyarakatan Korwil Surabaya beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Pargiyono menekankan bahwa insan pemasyarakatan harus mengubah paradigmanya. UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai pranata sosial untuk menyiapkan masyarakat yang tangguh, berketerampilan dan memiliki produktifitas tinggi. Yang siap berkompetisi dalam persaingan global.

"Perubahan paradigma diejawantahkan melalui program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan," katanya. Program tersebut diharapkan dapat memberikan perlakuan dengan target yang lebih spesifik melalui pola individualisasi perlakuan.

Revitalisasi juga dibangun untuk membentuk sebuah flow dalam mendistribusikan kepadatan hunian. Mulai dari lapas super maximum, maximum, medium dan minimum security. Berdasarkan pada tingkat resiko sehingga tidak terjadi overcrowding di suatu tempat.

Untuk menjaga keadaan tersebut diperlukan langkah perbaikan yang dilandasi dengan sebuah kata kunci yaitu Komitmen. "Komitmenlah yang akan menjadi pondasi kita, benteng kita dalam mengaplikasikan niat baik untuk melakukan pembenahan diri," pesannya.

Sebagai institusi modern pemasyarakaran harus bisa bercermin sehingga mampu intropeksi diri. Dan mematangkan langkah dalam upaya membangun kepercayaan publik. "Dirgayahu Pemasyarakatan, selamat hari bhakti kepada setiap insan pemasyarakatan di seluruh penjuru tanah air, Indonesia selalu menanti dharma bhaktimu," tuturnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

 

Foto Lainnya>>

WhatsApp Image 2019-04-27 at 09.46.05.jpegWhatsApp Image 2019-04-27 at 09.46.08.jpegWhatsApp Image 2019-04-27 at 09.46.13.jpeg

Foto Lainnya>>

 

Cetak