Kompak Berbatik Motif Daun Jati, Kakanwil Pimpin Rombongan Hadiri Rangkaian Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71

WhatsApp Image 2019-12-10 at 16.11.01.jpeg

BANDUNG – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-71 tahun ini dipusatkan di Kota Bandung. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika itu dihadiri pejabat tinggi negara. Dari Jatim, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati memimpin jajarannya.

Rombongan dari Jatim kompak memakai batik berwarna dasar hitam dengan motif daun jati dan logo Jatim PASTI HEBAT di bagian dada. Batik Tersebut adalah hasil karya WBP di Lapas Bojonegoro. Mereka hadir sejak Minggu (8/12).

Memang, rangkaian puncak peringatan Hari HAM sedunia yang mengambil tema ‘Pelayanan Publik yang Berkeadilan’ itu telah dimulai akhir pekan lalu. Diawali dengan kegiatan Fun Walk yang diikuti oleh 1.500 masyarakat Kota Bandung. Pada Senin (9/12) digelar lomba cerdas cermat HAM dan Pameran yang diprakarsai Direktorat Jenderal HAM.

Sedangkan puncaknya digelar hari ini (10/12). Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD hadir mewakili Presiden RI. Dia didampingi Menteri Hukum dan HAM Yassona H. Laoly, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan segenap jajaran Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia. Yasonna menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Hari HAM sedunia kali ini, merupakan kerja sama antara Kemenkumham dan Pemprov Jawa Barat serta Pemkot Bandung.

Fokus utama Kemenkumham tahun ini, lanjut Yasonna, adalah mewujudkan Pelayanan Publik berbasis HAM pada setiap jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT). Dia berharap program ini jangan hanya sekedar jargon. Namun dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran. Agar bermanfaat bagi masyarakat sebagai pengguna jasa layanan.

Yasonna juga menambahkan sebanyak 514 Kabupaten/ Kota di Indonesia masuk dalam penilaian Kabupaten/ Kota peduli HAM. “Sesuai dengan arahan Presiden bahwa pembangunan infrastruktur saat ini harus memenuhi unsur yang mendukung pemenuhan HAM,” tambah Yasonna.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati turut hadir didampingi Kadiv Yankumham Hajerati, Kabag Umum Dewi Atmi, Kabid HAM Wiwit P Iswandari dan jajaran pada Bidang HAM. Secara terpisah, Susy mengungkapkan peringatan Hari HAM sedunia kali ini harus diiringi dengan peningkatan layanan terhadap masyarakat. Yaitu yang memenuhi kelayakan yang ramah dan berbasis HAM. “Dengan memprioritaskan golongan difabel, lanjut usia, perempuan dan anak karena esensi dari pelayanan yang diberikan dalam penyelenggaraan pemerintahan sebetulnya dalam rangka pemenuhan perlindungan HAM,” ujar Susy. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp Image 2019-12-10 at 10.48.10.jpegWhatsApp Image 2019-12-10 at 10.48.13.jpegWhatsApp Image 2019-12-10 at 10.48.14.jpeg


Cetak   E-mail