Lestarikan Budaya, Panitia SKD CAT CPNS Kemenkumham Jatim Berpakaian Adat Nasional

WhatsApp_Image_2020-02-07_at_15.11.05.jpeg

SURABAYA - Kanwil Kemenkumham Jatim punya cara unik untuk membuat suasana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT CPNS lebih mencair. Selain untuk melestarikan budaya, hari ini (7/2) panitia seleksi daerah berpakaian adat nasional agar membuat peserta lebih tenang.

Para panitia yang bertugas terlihat kompak menggunakan pakaian adat. Dari tenda I hingga pintu keluar. Ada yang menggunakan pakaian adat Jawa, Madura juga Bali. Panitia perempuan juga banyak yang menggunakan kebaya.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengungkapkan jika tujuan utama penggunaan dresscode ini untuk 'uri-uri budaya' atau pelestarian budaya. Menurutnya, peserta tes CPNS harus diingatkan juga tentang nasionalisme. "Dimana topik itu juga menjadi salah satu bidang tes yang diujikan dalam SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)," terangnya.

Selain itu, Krismono menerangkan jika langkah ini diharapkan bisa membuat peserta lebih tenang dalam menghadapi tes. Panitia memang lebih bersahabat dengan pakaian adat tersebut. "Sehingga peserta bisa lebih fokus menghadapi tes dan mendapatkan hasil yang terbaik," harapnya.

Namun, yang paling penting, lanjut Krismono, adalah pelaksanaan tes berjalan dengan lancar. "Alhamdulillah hingga hari ketujuh pelaksanaan berjalan lancar, semoga bisa seperti ini hingga akhir," tuturnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp_Image_2020-02-07_at_15.11.05_1.jpeg

Foto Lainnya>>

Cetak