Gandeng Dinkes Sidoarjo, Lapas I Surabaya Lakukan Disinfektasi Blok Hunian WBP

WhatsApp_Image_2020-04-13_at_14.59.22.jpeg

SURABAYA – Upaya pencegahan merebaknya wabah COVID-19 terus dilakukan Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajarannya. Salah satunya yang dilakukan Lapas Kelas I Surabaya hari ini (13/4). Menggandeng Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo, pihak lapas yang terletak di Porong itu melakukan disinfektasi ke seluruh bagian lapas, terutama blok hunian.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 16 sprayer disinfektan didatangkan. Sebanyak 4 petugas dinkes dibantu 12 tahanan pendamping, melakukan penyemprotan di seluruh area lapas seluas 2.784 meter persegi itu. “Kami utamakan untuk area blok hunian, karena ada 2.527 WBP yang saat ini menghuni Lapas Kelas I Surabaya,” ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Pargiyono yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Area-area yang selama ini dibuat berkumpulnya warga binaan juga tak luput dari semprotan disinfektan. Seperti ruang kunjungan, kantin, hingga tempat ibadah. Meski saat ini sudah tidak ada lagi kunjungan langsung yang diganti dengan kunjungan secara online. “Kami berharap semua warga binaan dan petugas kami sehat dan bisa melewati masa pandemi ini dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Kesehatan Lingkungan Dinkes Pemkab Sidoarjo Supaat Setia Hadi menjelaskan bahwa selama ini lapas dan rutan menjadi salah satu tempat yang diprioritaskan. Namun, karena pihaknya selama ini juga harus mendahulukan tempat-tempat yang selama ini ditemukan pasien COVID-19. “Kami akan rutin menjalin komunikasi dengan pihak lapas, sehingga bisa tetap menciptakan lingkungan yang sehat,” terangnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

foto lainnya>>

WhatsApp_Image_2020-04-13_at_14.59.221.jpeg


Cetak   E-mail