Humas Kemenkumham Jatim Ikuti Pelatihan Media

 WhatsApp_Image_2020-05-18_at_19.24.54.jpeg

SURABAYA - Penguatan di bidang kehumasan terus diupayakan Kemenkumham RI. Hari ini (18/5) digelar pelatihan media untuk meningkatkan peran humas dalam menyampaikan kebijakan pemerintah khususnya Kemenkumham RI. Humas Kanwil Kemenkumham Jatim siap menindaklanjuti seluruh arahan yang diberikan tim pusat dan konsultan media tersebut.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 900 patisipan itu dipimpin Staf Khusus Menkumham Fajar Lase. Eks wartawan Metro TV Bane Raja Manalo menjadi narasumber dalam kegiatan yang dipusatkan di Dirjenpas itu. Sedangkan dari Kanwil Jatim diikuti oleh Kasubag Humas Ishadi MP.

Dalam sambutannya, Fajar Lase menegaskan penting untuk seluruh humas untuk siap dan sigap menjadi narasumber untuk isu-isu terkait Kemenkumham. Fajar menilai, selama ini peran humas pemerintah masih lemah, sehingga belum bisa menjadi corong utama untuk menyampaikan program-program pemerintah. "Kita harus bisa membuat agenda setting dalam setiap isu publik yang menyangkut Kemenkumham," harapnya. "Untuk itu, kegiatan pelatihan media ini bertujuan agar semua humas di satker, memiliki kemampuan yang sama," imbuhnya.

Sementara itu, Bane dalam sesi sharing memberikan beberapa pengetahuan terkait manajemen media. Salah satunya tentang newsjacking. Dimana humas harus bisa manfaatkan isu yang sedang populer, khususnya isu yang terlalu viral. Bane lalu menjelaskan bagaimana melakukan newsjacking secara efektif. Mulai dari menjalin hubungan baik dengan wartawan dan media, mengirimkan news release dan mengikuti isu terkini. "Sekarang ini, media mainstream dan media sosial saling menguatkan. Apa yang viral di medsos, bisa jadi headline di media mainstream, begitu juga sebaliknya," ujarnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

 WhatsApp_Image_2020-05-18_at_19.24.54_1.jpeg

Foto Lainnya>>

Cetak