Kemenkumham Jatim Gelar Rapid Test COVID-19

WhatsApp_Image_2020-06-17_at_16.05.46.jpeg

SURABAYA – Pandemi yang masih belum berakhir membuat Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan COVID-19. Hari ini (17/6) Kemenkumham Jatim menggelar rapid test COVID-19.

Kegiatan tes itu diikuti 90 orang. Terdiri dari 86 pegawai dan honorer. Serta 4 orang lainnya merupakan keluarga salah satu pegawai. “Ada satu pegawai yang kita tes seluruh anggota keluarganya karena punya riwayat salah satu keluarganya terkonfirmasi COVID-19,” ujar drg. Titisari.

Jenis tes yang dilaksanakan adalah untuk mendeteksi kondisi antibodi. Yaitu Immunoglobulin G dan Immunoglobulin M. Sehingga, jika ada pegawai yang dinyatakan reaktif, belum tentu juga karena SARS-CoV-2. “Masih perlu tes lanjutan yaitu tes swab untuk mengetahui apakah benar positif atau tidak,” lanjut Titisari.

Meski begitu, dokter yang bertugas di Divisi Pemasyarakatan itu menegaskan bahwa pegawai yang dinyatakan reaktif harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Juga melakukan tes swab di rumah sakit rujukan. “Sementara ini, kami akan laporkan bahwa yang hasilnya reaktif sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala) karena tidak ada keluhan sama sekali,” terangnya. (Humas Kemenkumham Jatim)

Foto Lainnya>>

WhatsApp_Image_2020-06-17_at_16.05.47.jpeg


Cetak   E-mail