SURABAYA - Kanwil Kemenkumham Jatim tancap gas menjelang akhir tahun anggaran. Instansi yang dipimpin Heni Yuwono itu berupaya mengoptimalkan capaian kinerja dan pelaksanaan anggaran.
Salah satu langkah konkritnya adalah dengan menggelar Rapat Evaluasi Capaian Kinerja & Pelaksanaan Anggaran Triwulan III serta Percepatan Anggaran Triwulan IV, Selasa (1/10). Kegiatan yang digelar di Aula Raden Wijaya itu diikuti seluruh pimti pratama dan pejabat struktural.
"Kami ingin mendengarkan penjelasan dan analisa serta evaluasi dari pelaksana anggaran," ujar Kadiv Administrasi Saefur Rochim yang merangkap moderator.
Kegiatan pun diawali dengan pemaparan dari setiap subbidang/ subbagian. Para pejabat pengawas dan administrator memaparkan capaian kinerja dan realisasi anggarannya.
Sementara itu, Kakanwil Heni Yuwono menggarisbawahi capaian kinerja dan anggaran yang belum merata. Ada beberapa aspek yang sangat cepat melakukan penyerapan anggaran hingga mencapai 90%.
"Namun, di sisi lain ada beberapa bidang yang masih belum optimal, hal ini tentu harus segera kita cari jalan keluarnya," terangnya.
Heni menekankan pentingnya peningkatan kualitas layanan, terutama terkait dengan tugas dan fungsi yang dijalankan oleh seluruh pegawai.
"Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seiring dengan penekanan pada transparansi dan akuntabilitas," ujarnya.
Heni juga menyoroti pentingnya profesionalisme dan kolaborasi dalam melayani masyarakat. Menurutnya, keterbukaan terhadap masukan dan kritik dari masyarakat merupakan salah satu kunci untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang ada saat ini.
"Kami terbuka terhadap kritik yang membangun dan senantiasa berkomitmen untuk melakukan perbaikan yang dibutuhkan," tambahnya.
Fokus utama akan tetap pada peningkatan akses layanan yang lebih mudah bagi masyarakat dan mempercepat proses-proses administrasi yang selama ini menjadi tantangan. Selain itu, Heni juga menggarisbawahi pentingnya inovasi dalam memberikan layanan yang lebih efisien.
"Kami tengah merumuskan sejumlah langkah strategis untuk mempercepat proses administrasi dan memberikan kenyamanan lebih bagi para pemohon layanan di lingkungan Kemenkumham," jelasnya.
Acara ini diakhiri dengan pesan optimisme bahwa dengan sinergi antarinstansi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, Kanwil Kemenkumham Jatim akan terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik ke depannya. (Humas Kemenkumham Jatim)