PROBOLINGGO - Kanwil Kemenkumham Jatim terus mengoptimalkan pelayanan publik berbasis HAM. Bahkan, salah satu satker jajaran, Rupbasan Probolinggo, melibatkan langsung pengguna layanan dari Kelompok Disabilitas Kelurahan (KDK).
"Kami berharap bisa mendapatkan masukan dari perspektif pengguna layanan secara langsung," ujar Kasubid Pemajuan HAM Kanwil Kemenkumham Jatim, Ratno Suhartono, Jumat (30/8).
Para anggota KDK yang hadir tidak sendirian. Mereka dibersamai BAPPEDA Kota Probolinggo.
"Kunjungan ini merupakan kolaborasi sekaligus sharing dalam pelayanan berbasis HAM dan Kegiatan Riset Aksi Aksesibitas Layanan Publik bagi kelompok Rentan dan Penyandang disabilitas di Kota Probolinggo," tutur Karupbasan Probolinggo, RM Dwi Soeryo Poetro yang menerima langsung rombongan yang diketuai oleh Kabid Pelayanan Masyarakat Bappeda Litbang Probolinggo, Umar Hidayat.
Anggota KDK diminta untuk mencoba menggunakan seluruh fasilitas sarana dan prasarana yang ada. Khususnya sarpras untuk memudahkan aksesibilitas dalam pelayanan.
"Kami sangat bersyikur mendapat beberapa masukan yang langsung dari masyarakat," ujar Dwi.
Sementara itu, Umar mengapresiasi Rupbasan Probolinggo merupakan salah satu UPT yang lengkap sarana prasarana untuk pelayanan ramah disablitas.
"Kami akan memperhatikan masukan dari Kelompok disabilitasi, serta terima kasih kepada BAPPEDA Kota Probolinggo dan Kelompok Disabilitas Kelurahan (KDK), dan apabila ingin berkunjung lagi ke kantor kami dengan senang hati menerima", ujar Dwi. (Humas Kemenkumham Jatim)