RUTAN MAGETAN KUMANDANGKAN ANDIKA BHAYANGKARI PADA UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

coversakti.jpg

MAGETAN – Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto memimpin seluruh Pegawai untuk melaksanakan Upacara dalam Memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (01/10/2022). Tepat sehari sebelumnya, yakni Jumat (30/9/2022) Bendera setengah tiang nampak berkibar di Lapangan Rutan dan hari ini, Bendera dinaikaan satu tiang penuh untuk memperingati salah satu momen bersejarah di Indonesia yaitu penumpasan G30S/PKI.

sakti1.jpg

Tidak hanya diikuti oleh seluruh Pegawai Rutan Magetan, Upacara kali ini juga di ikuti oleh 13 CASN, 2 Taruna Poltekip dan Warga Binaan Pemasyarakatan, selain itu suasana tampak khidmat dalam upacara tersebut

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, dan di akhiri dengan Pembacaan Do'a.

sakti4.jpg

Dalam pembacaan Naskah Ikrar yang diamanatkan langsung dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto membacakan Naskar Ikrar tersebut. yang pada intinya, Naskah Ikrar tersebut merupakan seruan dalam membulatkan tekad kepada warga negara indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

sakti7.jpg

Di akhir kegiatan terdapat hal yang berbeda pada Upacara kali ini, yaitu diperdengarkannya lagu Andika Bhayangkari setelah Pembacaan Do’a. Lagu yang biasa dinyanyikan pada saat upacara peringatan hari-hari besar nasional tertentu tersebut memiliki arti sebagai penjaga atau pengawal setia. (Humas Rutan Magetan)


Cetak   E-mail