KEGIATAN PELATIHAN PSIKOLOGIS PETUGAS BALAI PEMASYARAKATAN DI BAPAS KLAS II KEDIRI.

Untuk meningkatkan skill petugas Balai Pemasyarakatan Kediri maka dilaksanakan Pelatihan Psikologis Petugas Balai Pemasyarakatan pada Selasa (15/09) di Aula Bapas. Acara dibuka oleh Kepala BAPAS Kediri , Untung Ciptadi, dan diikuti sebanyak 16 orang pegawai Bapas Kediri.

Untung mengatakan pelatihan ini dimaksudkan agar para PK Bapas mampu memberdayakan anak didik (klien) yang berkonflik dengan hukum sesuai dengan pendekatan Psikologis. Dengan pertimbangan bahwa pendekatan psikologis sangat dibutuhkan dalam pemberdayaan anak didik. “Untuk menjadi seorang PK profesional haruslah mampu menempatkan dirinya sebagai seorang pembimbing yang senantiasa ikhlas membantu klien tanpa mempunyai perasaan lebih tinggi derajat keilmuannya daripada klien serta bersedia untuk berempati sehingga proses penggalian data, pendampingan dan pembimbingan akan berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.” Katanya.

Pelatihan tersebut menghadirkan Narasumber yaitu Yusti Probowati, Hartanti, Sri Siuni Sugoto, dan Soerjantini Rahaju. Materi yang disampaikan antara lain “Perilaku Remaja yang Menyimpang, Panduan Asesmen Untuk Bapas serta Coaching. Dalam tiap materi yang disajikan juga dilakukan simulasi yang melibatkan pegawai Bapas yang berperan sebagai PK dan juga Klien sedangkan narasumber perperan sebagai pengamat.

            Prof . Yusti salah satu narasumber berharap agar Out put dalam kegiatan ini adalah para PK mampu mempraktekkan dan menerapkan teknik penggalian data dan ketrampilan dalam wawancara secara benar sehingga semakin banyak data-data yang akan diperoleh untuk menunjang hasil pembuatan Litmas. “Sangat penting bagi seorang PK untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan prestasi anak didik serta memahami bagaimana cara mengarahkan dan memberikan dukungan agar anak didik (klien) mampu mencapai prestasi yang diharapkan”. Katanya. (Bapas kediri- Idha Ws)

bapas kediri pelatihan

Bapas Kediri pelatihan

bapas kediri pelatihan-

 

 


Cetak   E-mail