CPNS Rutan Gresik Beraktualisasi, Kepala Rutan : Harus Terus Berinovasi, Jangan Lelah Untuk Menemukan Ide-Ide Baru

0001-5205072103_20210802_114632_0000_compress58.jpg

GRESIK - Bertempat di Ruang Kepala Rutan Kelas IIB Gresik, Senin (02/08), telah berlangsung evaluasi terkait pelaksanaan aktualisasi Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS. Peserta CPNS berasal dari Golongan II Tahun 2019 Gelombang I Angkatan XXXI-XLIII TA. 2021 yang berjumlah 4 orang. Untuk pelaksanaannya dilakukan secara online dari tanggal 21 April - 22 Juni 2021, kemudian habituasi dimulai tanggal 23 Juni sampai awal Agustus.

Sebelumnya, CPNS peserta Latsar diwajibkan mengangkat satu topik permasalahan di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT). CPNS dituntut dapat mencari solusi atas permasalahan tersebut dan memberikan inovasi guna kemajuan organisasi. Kemudian CPNS mengikuti masa habituasi lebih kurang selama 45 hari di UPT tempat mereka ditugaskan, selama itu juga para CPNS dimentori oleh atasan langsung dan dibimbing oleh seorang Coach. Dalam masa habituasi, mereka melakukan aktualisasi sebagai syarat kelulusan untuk menjadi PNS. Hasil aktualisasi akan dipresentasikan di depan para penguji yang berasal dari Kanwil Se-Indonesia dan BPSDM Kemenkumham, layaknya paparan suatu hasil penelitian.

IMG_1133_compress54.jpg

Dalam pemilihan ide Aktualisasi ini CPNS harus bisa mengangkat isu dan problem yang muncul pada saat melaksanakan masa habituasi di UPT dan berusaha memecahkan masalah sehingga menghasilkan sebuah inovasi terbaik bagi kemajuan Rutan Gresik. Salah satu topik yang berhasil diambil oleh Peserta CPNS yaitu pemanfaatan Elektronik Sistem Monitoring Level Air Tandon (E-SIMON LATA) Menggunkan Water Level Alarm yang berfungsi mencegah terjadinya peluberan air tandon yang terbuang sia-sia untuk kebutuhan sehari-hari WBP, menekan angka tagihan air agar tidak terjadi pengeluaran yang banyak dan mengantisipasi terjadinya konsleting listrik di area kantor.

Kegiatan pemilihan ide-ide Aktualisasi Latsar CPNS yang bagus ini patut untuk diapresiasi dan bisa dicontoh untuk ke depannya dalam menentukan ide-ide terbaik. " Adik-adik CPNS ini harus terus berinovasi, jangan lelah untuk menemukan ide-ide baru", ujar Aris selaku Kepala Rutan Kelas IIB Gresik disela-sela mengevaluasi inovasi Latsar CPNS Rutan Gresik.

Kepala Rutan Kelas IIB Gresik pun berpesan “Harus benar-benar diterapkan aktualisasinya, jangan hanya dijadikan sebagai syarat kelulusan, yang terpenting itu pengimplementasianya, karena inovasi CPNS Tahun 2019 ini diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi organisasi”. (Humas Rutan Kelas IIB Gresik)20210729_113608_compress73.jpg


Cetak   E-mail