Permudah Pelayanan Publik, Rutan Magetan Buat Inovasi SIDOMUKTI

CovSIDOMUKTIwebkan.jpgTampilan aplikasi SIDOMUKTI di layar smartphone. Foto : Humas Rutan Magetan

MAGETAN – Dalam upayanya melaksanakan pembangunan Zona Integritas, Rutan Kelas IIB Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim terus berinovasi untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Salah satu inovasi unggulan yang sudah dirancang sejak awal tahun 2022 adalah SIDOMUKTI atau Sistem Informasi dan Layanan Online Mudah, Akurat, Terintegrasi.

SIDOMUKTI merupakan aplikasi layanan terpadu Rutan Magetan berbasis website. Hingga saat ini terdapat 6 fitur utama pada aplikasi tersebut, yakni Pendaftaran Antrian Online, Permohonan Integrasi Online, Permintaan Informasi/ Penyampaian Pengaduan, Informasi Kesehatan Warga Binaan, Survei Kepuasan Layanan, dan PANORAMA (Pantau Over Kapasitas Rutan Magetan).

Tentunya agar masyarakat mengetahui adanya inovasi tersebut, perlu dilakukan publikasi dan sosialisasi. Seperti yang dilakukan oleh Duta Layanan Rutan Magetan pada Jumat (18/03/2022) dimana setiap pengunjung diberikan penjelasan mengenai cara penggunaan inovasi SIDOMUKTI berdasarkan manual book inovasi yang telah disusun sebelumnya.

Yulianti, salah satu pengguna layanan mengaku tertarik terhadap salah satu fitur pada SIDOMUKTI yakni fitur Permohonan Integrasi Online. Menurutnya melalui fitur tersebut, proses pengumpulan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan integrasi (Pembebasan Bersyarat/PB, Cuti Bersyarat/CB, Asimilasi) menjadi lebih mudah karena dilakukan secara online. “Bagi keluarga yang rumahnya jauh jadi lebih mudah, karena bisa mengurus dari rumah, nggak perlu datang ke Rutan”, ujarnya.

Kepala Rutan Eries Sugianto mengatakan bahwa dengan adanya SIDOMUKTI ini layanan publik menjadi lebih sederhana, khususnya layanan integrasi online. Karena di masa pandemi seperti ini pengurangan layanan tatap muka masih perlu diterapkan. “Jadi nantinya Formulir Surat Pernyataan Narapidana dan Jaminan Keluarga untuk pengurusan PB, CB ataupun Asimiliasi akan dikirim secara online”, terangnya.

“Saya berharap layanan inovasi SIDOMUKTI dapat memudahkan Warga Binaan maupun pihak keluarga. Langkah-langkahnya pun saya kira juga sangat mudah, cukup masuk website Rutan Magetan melalui google dan klik laman SIDOMUKTI. Sudah cukup dari situ semuanya dapat dipilih layanan mana yang akan diinginkan”, ucap Karutan. (Humas Rutan Magetan)


Cetak   E-mail