ACTIVE CASE FINDING DENGAN SKRINING & RONTGEN WBP

1_Kegiatan_Active_Case_Finding_ACF_untuk_WBP_di_374_Lapas_Rutan_dan_LPKA_pada_33_Kanwil_Kemenkumham.jpg

MALANG - Selasa (26/9/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumhan Jawa Timur melakukan kegiatan Active Case Finding (ACF) atau Penemuan Kasus secara Aktif dengan Skrining Gejala dan Intervensi Rontgen Dada pada WBP.

Kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Pratama Paricara dilakukan Tenaga Medis Lapas dan dibantu dari Kementerian Kesehatan. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara bergantian mengikuti proses mulai dari pendataan, pengecekan Rontgen Dada hingga penjelasan oleh Tenaga Medis tentang hasil Rontgen apakah ada indikasi Tuberkulosis (TBC) atau tidak.

3_Kegiatan_Active_Case_Finding_ACF_untuk_WBP_di_374_Lapas_Rutan_dan_LPKA_pada_33_Kanwil_Kemenkumham.jpg

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Kesehatan dan Perawatan Rehabilitasi Ditjenl Pemasyarakatan RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif.

WBP yang hasil Rongent terindikasi adanya infeksi TBC maka akan dilakukan pemeriksaan dahak dengan Tes Cepat Molekuler (TCM).

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan WBP, dimana dari hasil Rontgent Dada bagi yang terindikasi TBC akan dilakukan tindakan lebih lanjut," ungkap Budi Purwadi, Kabid. Pembinaan Lapas Kelas I Malang.

 2_Kegiatan_Active_Case_Finding_ACF_untuk_WBP_di_374_Lapas_Rutan_dan_LPKA_pada_33_Kanwil_Kemenkumham.jpg

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)


Cetak   E-mail