Antisipasi Kebakaran, Lapas Probolinggo Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran dengan Damkar

WhatsApp Image 2024 01 10 at 11.22.27

PROBOLINGGO - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim, melakukan giat simulasi kebakaran yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo. Simulasi penanganan kebakaran ini dilaksanakan untuk mencegah musibah kebakaran yang terjadi di dalam Lapas, Rabu (10/1).

Bertempat di Lapangan Olahraga Lapas Probolinggo, kegiatan ini diikuti oleh Kepala Lapas Probolinggo beserta jajaran petugas Lapas Probolinggo, baik staf maupun regu pengamanan.

Kegiatan pelatihan penanganan kebakaran dibagi dalam dua sesi. Yang pertama, para petugas Lapas mendapatkan materi tentang dasar-dasar hukum proteksi kebakaran dan tips penanganan kebakaran secara manual dilanjutkan simulasi penanganan kebakaran skala Kecil dan Skala Besar dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang dilaksanakan di luar ruangan.

Selanjutnya para pegawai Lapas Probolinggo juga diajarkan teknik pemadaman api secara manual menggunakan karung basah dan juga alat pemadam api ringan (APAR) di luar ruangan. satu per satu pegawai Lapas mempraktikkan pemadaman api yang berkobar di dalam tong menggunakan dua metode atas petunjuk dan arahan petugas Damkar.

Dari kegiatan pelatihan tersebut, pihak Damkar berharap Lapas Probolinggo terhindar dari gangguan keamanan akibat kebakaran. Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas Damkar, para petugas Lapas Probolinggo diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi baik yang disengaja maupun tidak.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas


Cetak   E-mail