Fogging Cegah Demam Berdarah di Lapas Blitar

 

 

Blitar, Upaya memerangi demam berdarah salah satunya dengan melakukan pengasapan atau fogging di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Blitar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi faktor risiko akibat gigitan nyamuk aides aigepti penyebab demam berdarah (DBD).

Kepala Sub Seksi Pewatan Supriyanto Lapas Blitar menuturkan, pengasapan dilakukan mengingat sudah memasuki awal musim penghujan. "Fongging ini lakukan  mengingat sudah memasuki awal musim penghujan sebagai bentuk antisipasi kami untuk menjaga kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Jadi dengan dilakukan pengasapan ini diharapkan dapat mengurangi faktor resiko  penyakit yang ditukarkan nyamuk tersebut, seperti demam berdarah atau yellow fever yang menjadi perhatian dunia kan itu," ujarnya.

Dengan pengasapan ini, tercatat tak satupun warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang dilaporkan terkena penyakit demam berdarah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Blitar dengan menerjunkan 2 unit untuk melakukan pengasapan keseluruh sudut yang ada dilingkungan Lapas Blitar. Selain itu pemberian abate obat nyamuk rutin diberikan kepada setiap kamar mandi hunian warga binaan. (15/10)


Cetak   E-mail