NAPI LAPAS JEMBER BERLATIH MERAWAT JENAZAH

 

PELATIHAN JENAZAH 1

PELATIHAN JENAZAH 2

PELATIHAN JENAZAH

 

NAPI LAPAS JEMBER BERLATIH MERAWAT JENAZAH

JEMBER – Kemampuan dan Keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LAPAS Kelas IIA Jember terus diasah dalam berbagai bidang. Kali ini LAPAS Jember bekerja sama dengan Kantor  Kementerian Agama Jember memberikan soft skill kepada narapidana berupa pelatihan perawatan jenazah. Pelatihan itu berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 20 – 21 Februari 2012 dan bertempat LAPAS Jember.

Ka LAPAS Kelas IIA Jember, Drs. Harun Sulianto, Bc.IP, SH, menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan para WBP. “Kami ingin saat bebas nanti para WBP dapat kembali dan diterima oleh masyarakat,” terangnya. Karena itu salah satu cara agar mudah diterima di masyarakat adalah dengan memberi bekal WBP berupa soft skill yang dapat digunakan langsung saat bermasyarakat.

Untuk diketahui, pelatihan itu diikuti oleh 20 orang WBP yang telah diseleksi. Proses pemilihan para peserta itu sengaja dilakukan karena tidak semua WBP memiliki keberanian untuk melakukan perawatan jenazah. “Perlu keberanian yang cukup terutama untuk merawat jenazah  terutama yang tidak wajar, seperti korban kecelakaan parah ataupun korban pembunuhan sadis,” terang Ka LAPAS Jember.

Dalam pelatihan itu, para peserta didampingi secara langsung oleh instruktur sebanyak 4 orang yang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Sebelum praktek dilakukan, para WBP diberikan pengarahan berupa teori perawatan jenazah, sehingga pada saat pelaksanaan mereka tidak mendapatkan kesulitan.  (CS-HUMAS)


Cetak   E-mail