PER JUNI 2013, PNBP FIDUSIA KANWIL JATIM MENCAPAI Rp. 9,5 MILYAR

SOS FIDUSIA1

 

VIDEO STREAMING (Klik disni)

SURABAYA – Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Pendaftaran Jaminan fidusia secara Online di Kanwil Jatim per tanggal 15 Juni 2013 telah mencapai Rp. 9,5 M atau lebih tepatnya Rp.9.505.800.000. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Indro Purwoko, saat memberi sambutan dalam acara pembukaan Sosialisasi Fidusia Online yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum pada Senin (17/6) di Hotel Sun City Sidoarjo.

Jumlah tersebut, lanjut Kakanwil, didapat dari pemohon pendaftaran yang mencapai 214.411 pemohon hingga bulan juni 2013. “Jumlah penerimaan PNBP saat ini lebih besar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp. 6 Milyar hingga akhir tahun,” tambahnya.

SOS FIDUSIA

Meski awalnya sempat menuai kritik dari banyak pihak terkait dengan pemberlakukan Fidusia Online, namun lambat laun sistem tersebut banyak dirasakan manfaatnya oleh para pihak yang terkait didalamnya. Diantaranya adalah efesiensi waktu pendaftaran, apabila sebelumnya memerlukan waktu lebih dari satu hari kini dapat dilakukan dalam hitungan menit. Pembayaran yang sebelumnya dilakukan di payment point BNI di kantor wilayah, saat ini bisa dilakukan di kantor pelayanan BNI dimana saja. Efesiensi juga dirasakan oleh para Notaris selaku kuasa dari penerima Fidusia/ Kreditur dimana mereka saat ini dapat melakukan pendaftaran fidusia dari kantor masing-masing selama 24 jam non stop.

Dalam pembukaan sosialisasi tersebut Kakanwil didampingi oleh para kepala divisi seperti kepala divisi Yankum dan HAM, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Keimigrasian serta perwakilan dari Ditjen AHU. Sedangkan peserta yang berjumlah hampir 400 orang berasal dari Notaris, calon notaris dan perusahaan pembiayaan. (humas/wis-and)  


Cetak   E-mail