PERESMIAN MESIN PEMERIKSA PERSONAL DAN BARANG DENGAN SISTEM X RAY DI RUTAN MEDAENG

ok

Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas I Surabaya maka pembesuk yang melakukan kunjungan akan diperiksa dengan mesin pemeriksa personal dan barang menggunakan X-Ray. Pengoperasian mesin pemeriksa tersebut dimulai setelah diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Budi Sulaksana pada Jumat (13/01) di ruang pemeriksaan Rutan Medaeng.

Dalam sambutannya Kakanwil menyambut baik beroperasinya mesin pemeriksa tersebut, karena petugas akan terbantu untuk mendeteksi adanya barang-barang terlarang yang dikhawatirkan masuk ke dalam rutan. Meski begitu Kakanwil juga mengingatkan agar petugasnya harus memiliki sikap yang tegas dan jujur dalam menjalankan mesin ini. “Karena kalau mesinnya canggih, tapi petugasnya tidak jujur maka bisa saja meloloskan barang-barang yang dilarang,” katanya.

Untuk diketahui mesin pemeriksa yang baru saja beroperasi tersebut terdiri dari dua macam, yaitu Body Search mencakup pemeriksaan badan, dimana orang yang melintas akan di scaning untuk menemukan benda-benda metal/logam atau benda-benda berbahaya yang ada di tubuh. Yang kedua mesin X-ray peralatan detector yang digunakan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan. (humas)

Save


Cetak   E-mail