SAFARI RAMADHAN 1434 H DI RUTAN KLAS I SURABAYA

IMG 7515

SURABAYA –Selasa (30/07), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur bapak Indro Purwoko, melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Klas I Surabaya terkait dengan agenda Kegiatan Safari Ramadhan 1434 H. Pada kunjungannya beliau didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan bapak Eddy Santoso, Kepala Divisi Administrasi bapak Amirudin, SH, Kepala Divisi Pelayanan Hukum bapak Agus Subandriyo, SH, MH dan Tim dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Selain itu turut hadir pula pada kegiatan ini beberapa Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah Surabaya dan sekitarnya antara lain : Ka.LAPAS Klas I Surabaya, Ka.KANIM Klas I Khusus Surabaya, Ka.BAPAS Klas I Surabaya, Ka.RUPBASAN Klas I Surabaya, Ka.LAPAS Klas IIA Sidoarjo, Ka.RUTAN Klas IIB Bangil, Ka.LAPAS Klas IIA Mojokerto, dan anggota Darma Wanita RUTAN Klas I Surabaya, serta beberapa undangan lainnya, beberapa diantaranya adalah dari : Kejaksaaan Negeri, Kepolisian, dan anak-anak Panti Asuhan Al-Fatih Medaeng Surabaya. Kegiatan Safari Ramadhan 1434 H di RUTAN Klas I Surabaya ini dirangkai dengan acara buka puasa bersama, sholat tarawih berjamaah dan Pemusnahan Barang Bukti Hasil Penggeledahan di RUTAN Klas I Surabaya, yang terdiri dari Handphone, Senjata Tajam, dll dalam rangka mewujudkan GETTING TO ZERO HALINAR (HP. PUNGLI,NARKOBA) di lingkungan RUTAN Klas I Surabaya.

IMG 7533

Acara diawali dengan sambutan dari Ka.RUTAN Klas I Surabaya bapak Kadiyono Bc.IP, SIP, M.Si yang pada sambutannya menyampaikan beberapa harapan yang akan didapatkan setelah terselenggaranya acara Safari Ramadhan di RUTAN Klas I Surabaya ini, beliau berharap dengan pengarahan yang disampaikan oleh bapak Kakanwil bisa memberikan kekuatan bagi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) RUTAN Klas I Surabaya yang saat itu hadir.

IMG 7540

Setalah sambutan dari Ka.RUTAN Klas I Surabaya, acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan singkat dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur bapak Indro Purwoko, pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa khususnya kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di RUTAN Klas I Surabaya, beliau berpesan agar kita semua selalu berbuat kebaikan dengan cara meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan yang penuh Barokah dan Rahmat ini. Selain itu beliau juga mengajak petugas dan WBP untuk banyak-banyak bersholat, ikstifar, dan bermunaz.

IMG 7541

Seusai menyampaikan pengarahan acara Safari Ramadhan ini dilanjutkan dengan Tauziah (siraman rohani) yang disampaikan oleh Ustad Ilham, S.Ag, M.Ag dari IAIN Sunan Ampel SUrabaya. beliau menyampaikan tentang makna sebenarnya dari “ IBADAH “. Menurut beliau, IBADAH bukan hanya diartikan dari Sholat, dan Menjalankan Puasa saja, melaikan IBADAH yang sesungguhnya adalah bentuk kita mengasihi sesama, bisa dalam bentuk pekerjaaan sehari-hari, atau dalam hubungan berinteraksi dengan sesama. Selain itu beliau juga berpesan hendaknya di bulan suci Ramadhan inilah kesempatan yang diberi oleh Allah SWT bagi kita untuk mengumpulkan “ PAHALA “ sebesar-besarnya dibandingkan “ DOSA “. Karena saat ini lah, saat yang paling tepat untuk mencari pengampunan yang sesungguhnya.

IMG 7559

IMG 7564

Sebagai puncak acara dari kegiatan Safari Ramadhan 1434 H di RUTAN Klas I Surabaya ini adalah : Pemusnahan Barang Bukti Penggeledahan di RUTAN Klas I Surabaya, yang merupakan wujud keseriusan petugas RUTAN Klas I Surabaya untuk mewujudkan Getting To Zero Halinar (HP, Pungli, Narkoba). Adapun teknis pemusnahan barang bukti hasil penggeledahan ini dilaksanakan di lapangan olahraga di RUTAN Klas I Surabaya, yang dilakukan secara simbolis oleh : Kakanwil, Kadiv Pemasyaratan, Ka.RUTAN Klas I Surabaya, dan pihak dari Kepolisian, yang selanjutnya diteruskan oleh petugas dengan cara dibakar. HUMAS (And/Wis)

IMG 7569

IMG 7570


Cetak   E-mail